Akhirnya Dewan Keamanan PBB Angkat Masalah Kashmir di Forum Diplomatik Dunia

 

Matamatanews.com, ISLAMABAD—Untuk pertama kalinya dalam 50 tahun akhirnya masalah Kashmir diangkat dalam forum tertinggi diplomatik dunia oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK-PBB).Sabtu (17/8/2019) lalu, Perdana Menteri Pakistan menyambut baik pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk merespon situasi Kashmir yang sempat membuat panas hubungan Pakistan – India karena pemerintah India mencabut status kashmir secara sepihak.

"Saya menyambut baik pertemuan DK PBB untuk membahas situasi serius di wilayah pendudukan Jammu dan Kashmir. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun forum diplomatik tertinggi dunia telah membahas masalah ini," kata Khan seperti dilansir Anadolu Agency.

Dalam sebuah tweetnya, Khan mengatakan untuk pertama kalinya dalam 50 tahun masalah Kashmir diangkat di forum tertinggi diplomatik  dunia.

"Karena itu menangani penderitaan warga Kashmir dan memastikan penyelesaian masalah adalah tanggung jawab badan dunia ini," tambah Khan.

Jumat lalu, Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas perkembangan terakhir di wilayah sengketa Jammu dan Kashmir atas permintaan Islamabad.Ketegangan antara Islamabad dan New Delhi memuncak setelah India mencabut status quo Jammu dan Kashmir, yang memungkinkan penduduknya memberlakukan hukum mereka sendiri dan mencegah orang luar menetap atau memiliki tanah di wilayah itu.

Para pemimpin dan warga Kashmir khawatir langkah ini adalah upaya India untuk mengubah demografi wilayah berpenduduk mayoritas Muslim itu, di mana sejumlah kelompok telah berjuang melawan India untuk merdeka atau bersatu dengan Pakistan.Sejak mencabut status quo Jammu dan Kashmir, India memberlakukan blokade komunikasi yang hingga kini telah memasuki hari ketiga belas.(cam)

 

redaksi

No comment

Leave a Response