Akibat Tingginya Angka Kejahatan,Venezuela Musnahkan 2000 Senjata

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Venezuela merupakan Negara kedua di dunia yang memiliki tingkat pembunuhan tertinggi. Berbagai geng kriminal tumbuh dan berkembang di lingkungan warga miskin, tidak jarang geng kriminal membuat resah para warga seiring maraknya peredaran bebas senjata di negara itu.

Disisi lain polisi lebih sulit mendapatkan senjata karena persoalan ekonomi. Para pakar menyatakan anggota geng mendapatkan senjata dari petugas sendiri, baik dengan mencuri atau membelinya dari aparat korup.

“Aksi pemusnahan senjata menandai pembaruan upaya untuk melucuti senjata di kalangan masyarakat Venezuela. Bahkan, untuk mengurangi predaran bebas senjata di Masyarakat, pemerintah Venezuela menawarkan program barter, senjata ditukar dengan alat – alat elektronik yang menjadi langka sejak krisis ekonomi di Negara itu.” Jelas Reverol, kutipan Reuters.

Lemahnya mata uang dan menurunnya gaji polisi dengan diiringi meningkatnya harga menjadi penyebab maraknya praktik korupsi di kalangan aparat.

Menteri Dalam Negeri Reverol mengatakan, “ Kami akan menerapkan perlucutan senjata dan membawa perdamaian.” Dalam upaya lain untuk memperketat pengendalian senjata pemerintah Venezuela telah membeli teknologi laser untuk menandai amunisi sehingga seluruh peluru yang beredar dapat di identifikasi. Lanjut Reverol disela – sela pemusnahan senjata.

Para pakar menilai peluru yang digunakan untuk tindak kejahatan di Venezuela dibuat oleh pabrik amunisi pemerintah daerah dan dijual oleh petugas yang korup. (Aditia/Atep/Reuters/CNN/Berbgai sumber)

sam

No comment

Leave a Response