"Ayo Olahraga Bangun Indonesia" Jadi Tema Haornas Ke-35

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Hampir 5000 orang memadati alun-alun Purwokerto pada hari Minggu (9/9/2018) kemarin untuk mengikuti senam massal bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( FORKOPIMDA) kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan yang melibatkan unsur TNI, POLRI, Pemda, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi serta masyarakat umum ini dalam rangka memperingati Hari Olah Raga Nasional yang ke 35.

Hadir dalam acara itu diantaranya PJ Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo,  Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, SSos. MMS,  Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol CPM Kasid, SH,  Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, SIK,  Aspem Kesra Sekda Banyumas Sri Yono, SH, MSi,  Asekbang Pemda Banyumas IR Didi Rudwianto, MSi,  para staff ahli Bupati Banyumas,  Asisten Sekda,  para Ka OPD kab Banyumas,  staff dan Danramil di jajaran Kodim 0701/ Banyumas, para staff jajaran Polres Banyumas, serta masyarakat.

Sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga yang dibacakan oleh PJ Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo mengatakan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini dengan lancar dan aman.  Menurut Menteri tahun ini adalah tahun olahraga,  terbukti dengan beberapa event berskala besar seperti Asian Games,  Asian Para Games, dan event lainnya kita mampu menorehkan prestasi yang membanggakan.  Sebagai contoh dia menjelaskan ada rekor dunia Poco Poco Nusantara,  festival olahraga tradisional tingkat nasional,  sepeda Nusantara,  Gala Desa,  Liga Sepakbola Berjenjang dan lain-lain.

Mengutip pidato Menpora, Budi Wibowo bahwa tahun ini pula bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan keberhasilannya menjadi penyelenggara Asian Games. Prestasi yang diraih atlet atlet kita sebenarnya telah dipersiapkan dengan matang dan sistematik serta dukungan masyarakat Indonesia adalah yang paling utama.  Di tahun ini pula menurut Menpora akan kita kuatkan dan kita dorong Olahraga Pendidikan sebagai prestasi menuju pembangunan olah raga yang lebih baik.

Sesuai Instruksi Presiden No I tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup  Sehat (GERMAS) dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri No 18 tahun 2017 tentang gerakan Ayo Olahraga kita tingkatkan olahraga secara masif dan meluas di lapisan masyarakat.  Permasalahan terbesar saat ini menurut Menpora adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang rendah yakni di bawah 18 persen. Karena itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan itu. Tema HAORNAS  tahun ini yang berbunyi " Ayo Olahraga Bangun Indonesia" bermakna ajakan untuk berolahraga dan dengan olahraga pula kita turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan.

Prestasi yang diraih di ajang Asian Games 2018 dengan meraih di posisi 4 besar patut disyukuri.  Semua itu berkat kerjasama INASGOC dan Stakeholders semua kementrian dan lembaga.  Menpora sangat berterimakasih kepada KONI,  KOI,  para atlet,  pelatih pembina,  CDM yang sukses dalam perjuangannya pada perhelatan akbar tersebut.  Di akhir sambutannya Menpora mengajak untuk menguatkan lagi olahraga agar bisa menoreh prestasi di ajang yang lebih besar selanjutnya.  "Jayalah Olahraga Indonesia ". ( Jaka,hendro).

 

sam

No comment

Leave a Response