Babinsa Koramil 09/Susukan Anjangsana Ke Pengrajin Pandai Besi

 

Matamatanews.com, SUSUKAN—Anggota Babinsa Koramil 09/Susukan KODIM 0704/Banjarnegara Serda Suwanto  melakukan anjangsana komsos ke desa binaan yaitu mengunjungi pengrajin usaha Pandai Besi Milik Edi (42) di Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara pada hari Sabtu (09/02/19).

Edi  (42) sang pemilik usaha pandai besi yang ditemuinya terlihat sedang membuat sabit  pesanan para pelanggan di pasar desa setempat. Menurut Edi pekerjaan yang selama ini ditekuninya sejak kecil telah mempekerjakan 3 orang karyawan, dalam satu hari dirinya mampu membuat 20 buah parang, cangkul, pisau sabit dan alat pertanian lainnya.

“Sejak kecil saya sering membuat parang, jadi sudah menjadi kebiasaan. Kalau saya sendiri hanya mampu membuat 5 sabit, tapi kalau dibantu tiga orang, bisa mencapai 20 parang dalam sehari, ” terangnya.

Mengenai standar harga, Edi memberikan harga sesuai dengan ukuran parang. Jika ukuran panjangnya 30 cm, dan memiliki ketebalan besi 4 mm, harganya Rp 50.000 di Pasar Tradisional, sehingga dalam sehari bisa mengantongi uang Rp 150.000. "Terima kasih kepada Bapak Babinsa yang selalu menyambangi tempat usaha ini, " imbuhnya.

Kegiatan anjangsana yang dilakukan Babinsa merupakan tugas pokok untuk membina desa yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Disamping untuk mendongkrak ekonominya juga memberikan motivasi kepada warga.*(pendim bna,javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response