Babinsa Madukara Dampingi Kelompok Tani Murti 2 Dalam Budidaya Cacing Sutra

 

Matamatanews.com, MADUKARAPelda Ahmadin Babinsa Koramil 14/Madukara, KODIM 0704/Banjarnegara mendampingi Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara dalam memberikan bimbingan, penyuluhan budidaya cacing sutra kepada Kelompok Tani "Tani murti 2" di Desa Talunamba Kecamatan Madukara pada hari Senin (11/03/19).

Menurut penyuluh perikanan Dina Tsalitsa Spi, cacing sutra merupakan salah satu pakan alami ikan yang memiliki ukuran sangat kecil seukuran rambut, warnanya kemerahan dengan panjang sekitar 2-3 cm. 

"Cacing sutra tergolong hewan hermaprodit yang berkembang biak secara bertelur dan memiliki kandungan gizi protein tinggi untuk pakan ikan yang berukuran sangat kecil, " katanya.

Koordinator petugas penyuluh pertanian Madukara Budiharno mengatakan, budidaya cacing sutra tersebut nantinya akan menambah kesejahteraan kelompok tani disamping mengelola penggemukan sapi dan pemanfaatan lahan yang ada di sekitar kandang sapi.

“Panen perdananya relatif singkat, setelah 50-57 hari. Kemudian bisa dilakukan setiap 10-12 hari sekali setelah panen perdana tanpa harus membeli benih cacing sutra lagi untuk budidaya selanjutnya, " ungkapnya.

Babinsa Talunamba Pelda Ahmadin dalam  menyampaikan, sangat mendukung program tersebut karena disamping  memberikan penghasilan tambahan bagi Poktan juga menambah pengetahuan agar Poktan dan masyarakat tidak ketergantungan pada salah satu komoditas. *(Pendimbna,javi,hen).

 

sam

No comment

Leave a Response