Bahaya Makan Buah Leci Saat Perut Kosong

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Selama lebih dari dua dasawarsa, anak-anak di wilayah bihar, India yang awalnya tampak sehat mengalami kejang-kejang secara mendadak dan kehilangan kesadaran.

Hampir 100 anak meninggal akibat mengkonsumsi buah leci, hal tersebut diungkapkan dalam jurnal medis The Lancet yang mengungkap bahwa anak-anak tersebut keracunan buah leci.

Para ilmuwan dari India dan Amerika mengatakan kematian anak-anak secara misterius akibat memakan buah leci dalam keadaan perut kosong. Selain itu, para ilmuwan mengatakan bahwa buah leci mengandung racun yang dapat mencegah tubuh untuk menghasilkan glukosa.

Di dalam buah leci terkandung racun yang dapat menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi glukosa. Hal tersebut diperparah akibat anak-anak tersebut makan leci dalam keadaan perut kosong sehingga kadar gula dalam darah rendah.

Kemudian, para peneliti melakukan pemeriksaan terhadap anak-anak yang dirawat di rumah sakit di Muzaffarpur. Para peneliti menemukan keterkaitan pada wabah penyakit yang menyebabkan pembengkakan otak dan kejang-kejang yang terjadi pada anak-anak di Karibia.

Wabah penyakit yang terjadi di Karibia disebabkan oleh buah ackee, buah tersebut mengandung hypoglycin yakni toksik atau racun yang mencegah tubuh untuk menghasilkan glukosa. Dalam berbagai uji coba yang dilakukan, diketahui bahwa buah leci juga mengandung hypoglycin.

Anak-anak yang mengalami gejala tersebut, harus segera mendapatkan perawatan karena hipoglikemia atau gula darah rendah. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response