Barru Jadi Tempat Pantauan Hilal Penetapan Satu Ramadhan

 

Matamatanews.com,MAKASSAR – Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulsel mengemukakan lokasi pemantauan hilal penetapan satu Ramadan di Kabupaten Barru pada 5 Juni mendatang.
Alasan dipilihnya Kabupaten Barru untuk melihat hilal, karena wilayahnya yang memiliki dataran tinggi dan representatif untuk melihat bulan.

“Jika dilakukan di Makassar, dikhawatirkan bulan akan sulit terlihat, apalagi jika langit berawan,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Abdul Wahid Thahir, Selasa (24/5/2016). Wahid menuturkan, selain di Sulsel ada 10 lokasi di daerah lain di Indonesia yang sering digunakan melihat bulan dalam menentukan awal Ramadan, namun ia mengaku tidak hapal di mana saja lokasi tersebut.

Menurutnya, jika satu saja dari 11 lokasi tersebut menyatakan melihat bulan, maka itu sudah cukup untuk menentukan awal Ramadan. Jika nantinya awal Ramadan yang ditetapkan oleh pemerintah tidak bersamaan dengan jatuhnya awal Ramadan menurut Muhammadiyah, menurutnya itu tidak ada masalah, karena masing-masing mempunyai pedoman atau dasar yang kuat dalam menentukan awal Ramadan.

Bahkan perbedaan dalam penentuan awal Ramadan dikatakannya sebagai rahmat yang menambah wawasan dan pemahaman. Kepada seluruh umat beragama, Wahid mengimbau agar tetap menjaga sinergitas serta saling menghormati, termasuk dengan tidak membuka warung pada siang hari atau makan minum pada siang hari di hadapan muslim yang tengah berpuasa. (Rifan)

 

sam

No comment

Leave a Response