Cacing Sutra Menjadi Bisnis Yang Menjajikan Bagi Taufik

 

Matamatanews.com, PURWOJATI—Naluri bisnis rupanya melekat pada diri Taufik (53) warga Desa Purwojati Kec. Purwojati, Kab. Banyumas ini. Silih berganti bisnis yang ia jalani menuai buah manis, dari beternak burung ocehan, tanaman hias, pembibitan lele hingga cacing ulat sutra. Tak mudah memang menggeluti bisnis ini, disamping berbekal ilmu juga dibarengi kesabaran dan keuletan.

Ketika Matamatanews.com menyambangi rumahnya yang luas, pria paruh baya ini sedang asyik dengan pembibitan lelenya. " Seharian saya di kolam ini mas, bahkan sampai jam satu malam baru selesai. Saya harus mengganti air, memberi makan cacing dan lele belum lagi silih berganti menerima tamu yang datang, " katanya.

"Saya kewalahan untuk menyediakan permintaan cacing per harinya. Konsumen biasanya dari luar kota seperti Cilacap dan sekitar Banyumas. Untuk Cilacap sendiri butuh 100 gelas cacing per harinya, saya tidak sanggup mas, saya perlu menambah lagi kolam pembibitan, " imbuhnya.

Taufik menambahkan, usaha cacing sutra saat ini sangat menjanjikan. Mereka yang punya ternak ikan hias, ikan konsumsi pasti butuh hewan berprotein tinggi ini. " Tersedianya lahan disertai aliran air yang stabil sangat diperlukan untuk memulai usaha ini. Kalaupun sempit kita bisa gunakan rak rakan dengan media nampan plastik. Setelah 2 bulan baru bisa menikmati hasilnya, seterusnya tiap 2 minggu sekali dipanen, " katanya.*(hen)

 

sam

No comment

Leave a Response