DAA Obat Baru Untuk Penyakit Hepatitis C

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Hepatitis C merupakan salah satu virus yang berbahaya dan mempunyai nilai angka kematian yang tinggi di dunia. Selain itu virus ini sangat mudah menyebar dari penderita satu ke penderita  lainnya.

Menurut WHO, virus ini telah berhasil menjangkiti masyarakat di seluruh dunia dan telah berhasil memakan korban sebanyak 1,45 juta jiwa. Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakan tentang betapa berbahayanya virus Hepatitis C ini.

Berdasarkan Buku Saku Hepatitis yang dikeluarkan oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, hingga kini belum tersedia vaksin yang memadai untuk penyakit Hepatitis C.

Namun dr. Irsan Hasan mengungkapkan, kini ditemukan obat baru yang dapat membantu para penderita penyakit Hepatitis C, obat ini disebut DAA (Direct Acting Antiviral). DAA adalah sebuah obat yang memiliki masa terapi lebih pendek dari Interferon yang biasa digunakan untuk penyakit Hepatitis C.

DAA juga memiliki efek samping yang lebih rendah sehingga aman digunakan untuk para penderita penyakit ini dalam kurung waktu yang lama. Salah satu jenis DAA yang kini sangat popular digunakan adalah Sofosbuvir, pengobatan dengan jenis obat ini dilakukan dalam kurun waktu 12 sampai 24 minggu dan menggunakan dosis 400 mg/hari.

Sofosbuvir memberikan efek yang lebih ringan, seperti insomnia, sakit kepala dan anemia. Tetapi harga DAA itu sendiri sangat mahal, untuk satu tabletnya saja kita harus mengeluarkan dana berkisar RP 13 juta. (Atep/Adit/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response