Dandim 0704/Banjarnegara Terima Kunjungan Tim Wasev Kodam IV/Diponegoro

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Kunjungan Tim WASEV dari Kodam IV/Diponegoro dalam rangka Ops penanganan Covid 19 dan pendisiplinan protokol kesehatan di wilayah Dam IV/Diponegoro. Tim ini dipimpin oleh Kolonel Inf Suwarjiyana Staf Ahli Pangdam Bidang Manajemen dan Pertahanan Negara. Kedatangannya di sambut Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal, S.T., M. Han dan Perwira Staf Kodim 0704/Banjarnegara di Makodim. Senin (28/09/2020).

Kolonel Inf Suwarjiyana menyampaikan dalam rangka  pengawasan Covid 19 di masing masing wilayah, Khususnya wilayah Kodam IV/Diponegoro, Tim dibagi beberapa wilayah. Korem 071/Wijayakusuma menurutnya, menjadi tim yang ke 2.

"Lihat perkembangannya dapat dianalisa dan didalami, di masing masing daerah punya kreasi sendiri. Contohnya di sini ada tokoh Semar Gareng sebagai sarana untuk edukasi masyarakat akan kesadaran bahwa Covid ini bahaya, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar, masih mengabaikan protokol kesehatan, " katanya.

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi menyatakan, masyarakat tidak harus mendengarkan woro woro, mungkin tiap hari sudah sering didengarkan. 

"Kita kan punya adat ketimuran, kita tahu bahwa Banjarnegara punya ikon dawet ayu dimana ada Semar Gareng. Kita mencoba mengangkat tokoh pewayangan itu, Semar adalah tokoh yang dapat memberikan pesan filosofi dan Gareng dengan kekuasan yang dimiliki tidak semena mena dan berhati hati dalam bertindak. Harapannya dengan tokoh ini nanti dapat memberikan pembelajaran kepada masyarakat dengan kearifan lokal. Menggunakan bahasa daerah untuk mengkampanyekan penegakan disiplin melalui 3M mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak," jelas Letkol Arh Sujeidi.

Dandim juga berharap, di Banjarnegara tidak akan terjadi penyebaran covid-19 dan bisa di hentikan. Salah satunya cara yang efektif menurut Dandim adalah memakai masker.

"Pembuktian melalui berbagai studi di dunia ternyata yang efektif adalah memakai masker, " pungkasnya.(Pendimbna/Nusa)

 

redaksi

No comment

Leave a Response