Demi Keamanan, Irak Bangun Tembok di Perbatasan

 

Matamatanews.com, BAGHDAD—Akhirnya Irak membangun pagar keamanan di sepanjang perbatasannya dengan Suriah untuk mencegah para anggota ISIS masuk ke negaranya. Pagar setinggi enam meter telah dibangun di sepanjang 20 km dekat perbatasan al-Qaim yang Novembert 2017 lalu direbut militer Irak dari kelompok ISIS.

Seperti dikabarkan  AFP, menara pengawasan di sepanjang perbatasan dengan Suriah telah dibangun pagar kawat berduri hingga rasanya sulit bagi pihak luar terutama kelompok ISIS untuk bisa menyeberang ke Irak lantaran ketatnya pengawasan.

Sejumlah sumber di kemiliteran menyebutkan, bahwa Kementerian Pertahanan Irak dan Koalisi anti ISIS pimpinan Amerika Serikat dalam waktu dekat akan berkunjung  guna mengevaluasi efektivitas pagar kawat berduri di perbatasan tersebut.

“Jika mereka menyetujui instalasi, kami akan melanjutkan sepanjang perbatasan dengan Suriah,” kata Anwar Hamid Nayef, juru bicara penjaga perbatasan di Provinsi Anbar, Minggu (1/7/2018) lalu.Dan Seperti diketahui Irak dan Suriah selama ini berbagai perbatasan sepanjang 600 km.

Mayor Jenderal Hamid Abdullah, komandan pasukan perbatasan mengataka bahwa kini seluruh pasukanya tengah mempersiapkan memasang kamera termal seluruh sudut yang diperlukan guna mengantisipasi masuknya para anggota ISIS maupun kelompok bersenjata lainnya yang mencoba masuk ke Irak dari Suriah.

Hamid Abdullah menegaskan, baik teroris maupun penyelundup rasanya sulit untuk menembus tembok berduri perbatasan yang sengaja dibangun untuk menghentikan anggota ISIS maupun kelompok bersenjata lainya yang mencoba masuk ke Irak dari Suriah.* (bar)

sam

No comment

Leave a Response