Demplot, Kodim 0704/Banjarnegara Tanam Padi Bersama

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Guna meningkatkan ketahanan pangan Nasional Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Bagas Gunanto A.Ks, Dinas Pertanian, Forkopincam, PPL Kecamatan Bawang dan Kelompok Tani melakukan Penanaman padi Demplot seluas 2 hektar pada hari Senin (04/02/2019). Satu hektar diantaranya menggunakan pupuk organik Cair “Wijayakusuma Nutrition” di lahan milik TNI AD-PLTA Mrica yang terletak di Desa Binorong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara.

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Bagas Gunanto A.Ks menyampaikan Kodim menyiapkan 2 hektar lahan, yang 1 hektar  digunakan khusus Demplot menggunakan Pupuk organik Wijaya Kusuma Nutrition.  Pupuk ini jenis organik yang ramah lingkungan dan berdasarkan penelitian akan menghasilkan padi yang lebih bagus dibandingkan dengan pupuk kimia. Dari segi ekonomi akan menghasilkan nilai jual yang tinggi, sehingga akan membantu kesejahteraan petani yang menggarap lahan ini.  Kodim 0704/Banjarnegara bekerjasama dengan kelompok tani 3 serangkai dan PPL.

Penanaman padi merupakan Program Ketahanan pangan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap Pemerintah Pusat guna mencapai swasembada pangan. Pihaknya berharap agar program ini dapat mencapai hasil yang maksimal.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Totok Setya Winarno mengatakan di Banjarnegara pada bulan ini sedang giat giatnya melakukan percepatan luas tanam padi.  " Pada bulan Februari curah hujan cukup tinggi  diharapkan pada akhir Februari sudah tutup tanam. Untuk meningkatkan produksi 4 bulan kedepan pihaknya sangat mendukung kerjasama dalam program penanaman padi, ” jelasnya.*(pendim bjr,javi,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response