Divisi Regional WHO Buka Kantor di Istanbul

 

Matamatanews.com, ISTANBUL—Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikabarkan akan membuka kantor baru di kota Istanbul, Turki.Kantor tersebut akan beroperasi sebagai unit Divisi Regional WHO Divisi Kesehatan Darurat dan penyakit Menular.Keputusan pembukaan kantor WHO di Istanbul  seperti dilansir Hurriyet Daily News mengacu kepada keptusan Presiden tentang persetujuan perjanjian tuan rumah yang diterbitkan dalam Lembaran Berita Resmi pada Minggu 28 Juni 2020 kemarin.

Pembentukan kantor Istanbul bertujuan untuk memperkuat kapasitas WHO untuk membantu negara-negara anggota di bidang pencegahan, kesiapsiagaan, manajemen risiko dan pengembangan kapasitas untuk keadaan darurat kemanusiaan serta kesehatan di tingkat regional maupun global.

Juga, kapasitas pakar dan intervensi tambahan akan dibuat untuk mendukung negara-negara anggota yang terkena dampak darurat kemanusiaan dan kesehatan, yang akan diaktifkan selama respons terhadap bencana.

Selain itu, juga akan ada pusat pelatihan yang mencakup unit pendukung operasional yang akan digunakan untuk mengoordinasikan latihan simulasi dan memobilisasi kapasitas para ahli.

Kantor tersebut akan mendukung negara-negara untuk mengevaluasi kapasitas sistem kesehatan untuk manajemen krisis dan pengembangan kebijakan serta program manajemen risiko darurat kesehatan yang komprehensif, pengembangan kapasitas kesiapsiagaan darurat dan keamanan fasilitas kesehatan rumah sakit, maupun ketahanan bencana sistem kesehatan.

Kantor tersebut juga akan memberikan dukungan teknis untuk memperkuat kesiapsiagaan dan perencanaan darurat sistem kesehatan dan kemanusiaan yang terkait dengan kesehatan dalam pergerakan populasi massal di area pengungsi, termasuk migrasi skala besar.

Perjanjian itu menyebutkan bahwa kantor akan mempertimbangkan secara penuh dan lengkap dengan rekomendasi dari pemerintah Turki.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response