Donald Trum,Nyatakan Cina Tak Boleh Dibiarkan Terus Perkosa AS

 

Matamatanews.com –FORT WAYNE,INDIA—Lagi bakal calon presiden Amerika Serikat ,Donald Trump menuai kritik gara-gara pernyataannya yang kontroversial. Ia dikritik karena membandingkan desifit perdagangan Amerika Serikat dengan Cina sebagai pemerkosaan. “Kita tidak bisa terus membiarkan China memperkosa negara kita, dan itulah yang sedang mereka lakukan,” cetus Trump dalam kampanyenya di Fort Wayne, Indiana, seperti dilansir CNN, Senin (2/5/2016) lalu.

Pernyataan Trump itu merujuk pada tingginya angka ekspor China ke AS. Selama ini, Trump selalu mengeluhkan soal defisit anggaran AS dengan China dan bersumpah akan menangani hal tersebut jika dirinya terpilih menjadi presiden AS.
Trump berulang kali menuding China memanipulasi mata uangnya sendiri demi membuat aktivitas ekspornya lebih kompetitif di pasar global. Trump juga mengklaim China telah membunuh AS dalam sektor perdagangan.

Pernyataan Trump dalam kampanye di Indiana pada Minggu (1/5) waktu setempat ini, menandai pertama kalinya Trump menggunakan istilah ‘pemerkosaan’ untuk menyebut hal yang dipandangnya sebagai dominasi China atas AS dalam perdagangan.

“Kita akan membalikkan keadaan. Dan kita memiliki kartu trufnya, jangan lupakan itu. Kita seperti celengan yang dirampok. Kita memiliki kartu truf. Kita memiliki banyak pengaruh terhadap China,” tegas Trump, sebelum menyebut hubungan China dengan AS sebagai pemerkosaan.Sebelumnya pada tahun 2011 lalu, Trump juga pernah menyebut China memperkosa AS ketika dia menjalani tur ke sebuah pabrik sektor pertahanan di New Hampshire, AS.(Samar/eramuslim/ts/dtk)

 

sam

No comment

Leave a Response