Eceng Gondok Hambat Jembatan Penyeberangan

 

Matamatanews.com, JAKARTACurah hujan dengan intensitas sedang - tinggi dengan frekuensi sering ,akhir akhir ini menyebabkan beberapa sungai meluap.Meskipun tidak berpotensi banjir ,karena kapasitas air masih dibawah normal namun ada hal menarik lain yang terlihat saat ini,yakni ada nya serbuan tanaman Enceng gondok yang memadati ruas sungai.

Ada beberapa ruas sungai yang di penuhi dengan Enceng gondok seperti sungai Citarum ,dan juga beberapa saluran irigasi besar pun tidak lepas dari serangan Enceng gondok tersebut.Hal ini sangat merugikan, karena laju air akan terhambat dan menyebabkan beberapa wilayah mengalami sedimentasinya dan pendangkalan .

Kerugian nyata dirasakan oleh pengelola Jembatan Penyebrangan Prahu Haji Endang atau sering familiar dengan sebutan Jembatan Berkah .Serbuan encemg gondok sontak memenuhi ruas sungai dan merusak tatanan perahu yang menjadi pondasi dasar jembatan.

"Ini sudah terjadi hari Minggu malam kmren dan berefek Prahu bergeser. Tapi hari ini hujan deras menyebabkan kondisi lebih parah .Saya tidak bisa menyebrang ,dan harus muter mencari alternatif jalan lain " 
Tutur Aep salah seorang Karyawan KIM yang biasa menyebrang.

Serbuan Enceng gondok tersebut diprediksi akan menghentikan mata pencaharian warga setempat dua sampai tiga hari ke depan. Padahal diketahui, dalam seharinya saja lebih dari 1.000 kendaraan lalu lalang melewati jembatan tersebut dan tiap kendaraan dikenakan biaya Rp 2.000,-/kendaraan ,tentu menjadi PR kedepannya bagi pengelola .Apakh perlu sinergitas dengan pemerintah setempat atau dengan cara swadaya sendiri.

Kejadian ini seharusnya menjadi perhatian serius bagi Pemda Karawang, tidak menutup kemungkinan di lokasi lain mengalami hal yang sama ,akbiat dari adanya eceng gondok yang sangat banyak di ruas ruas sungai maupun irigasi.(Ros)

sam

No comment

Leave a Response