Facebook Messanger Kini Terenskripsi

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Setelah Whatsapp berhasil  menggulirkan enskripsi  pada sistem chatting-nya,kini giliran Facebook berencana menggunakan percakapan memakai enskripsi. Perusahaan jejaring sosial  Facebook mengatakan telah menguji fitur enskripsi tersebut ke seluruh aplikasi pesan instan messanger miliknya. Gunanya menurut mereka untuk mencegah pihak lain untuk melihat atau mengintip percakapan pengguna.

Sebelum melakukan ini  facebook telah menuai  pro dan kontra dari para pemakai Whatsapp. Maklum,saat ini pengguna facebook baru mencapai  sekitar sembilan ratus juta lebih, sementara Whatsapp  satu miliar pengguna.

Kini fitur enksripsi in sebenarnya sering diperdebatkan secara global di tataran dunia, karena para penegak hukum menjadi sulit untuk melacak dan mendapatkan data-data yang mereka butuhkan,terutama yang terkait dengan kriminalitas. Ke depannya para penegak hukum berharap para perusahaan tekhnologi memikirkan jalan keluarnya agar tekhnologi yang buatnya bisa membantu penegak hukum ,bukan sebaliknya.

Bahkan para penyedia layanan media sosial seperti  message dari Apple , Line, Viber dan Telegram juga menawarkan system chat yang sudah didukung dengan  enskrispi.  Facebook Messanger menggunakan teknologi yang sama dengan whatsapp memakai protocol yang dikenal sebagai Signal dari hasil pengembangan perusahaan Swasta Open Whisper Systems.

Pengguna nantinya tinggal mengaktifkan  fitur enskripsi guna mendapatkan keamanan ekstra , yang akan mengacak komunikasi dan membuat pesan. Dan pesan tersebut  hanya dapat dibaca ke pengguna yang dituju.Nantinya facebook mengatakan bahwa messanger mereka tidak dapat mengirim video ataupun melakukan pembayaran dalam percakapan melalui enskripsi tersebut.(Andro DP /berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response