Garuda Indonesia Terbakar Saat BLOCK ON di Bandara

 

Matamatanews.com, MAKASSAR— Senin (19/9/2016) pukul 19:48 Wita,  terjadi insiden pada pesawat Boeing 747-400 milik Garuda Indonesia. Pesawat yang mengangkut jemaah haji kloter 2 Debarkasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kota Makassar itu terbakar saat Block On.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA-1302, Jeddah-Ujung Pandang landing di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 19.40 Wita. Tidak ada kejanggalan apapun saat pesawat yang mengangkut 449 jemaah haji tersebut landing, semua berjalan lancar hingga pesawat masuk ke parking stand. Tak lama setelah melakukan block on, pada saat bersamaan muncul api dari landing gear baris ke-3 sebelah kiri, tepatnya pada wheel brake nomor 6.

Seluruh personil dari beberapa instansi yang tergabung dalam panitia haji yang ada di lokasi parking stand terkejut. Personil PKP-PK Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang juga sedang stanby di area parking stand pesawat haji langsung menarik tabung alat pemadam ringan (APAR) type Dry Chemical Powder (DCP) dan melakukan tindakan pemadaman dengan menyemprotkan Dry Chemical Powder langsung ke wheel brake nomor 6.

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 7 menit, api langsung bisa dikuasai. Api tidak sempat merusak komponen lain disekitarnya termasuk wheel. Hanya terdapat bekas jilatan api pada wheel nomor 6 dan 9 di bagian dalam. Proses unloading jemaah haji kloter 2 dapat berlangsung dengan lancar dan berakhir pukul 21.45 wita. [DH/JP]

sam

No comment

Leave a Response