Guna Membasmi Bakteri Super Ilmuwan Pelajari Jejak Kuman Penyakit Sejak Jaman Purba

 

Matamatanews.com, AMERIKA SERIKAT – Sejumlah Ilmuwan tengah mempelajari kuman penyakit dari jaman purba guna mendapatkan petunjuk cara untuk menanggulangi bakteri super yang resistan terhadap obat di rumah sakit atau di lingkungan perawatan kesehatan lainnya.

Enterococci merupakan salah satu dari enam bakteri yang dikenal sebagai “bakteri super”, mikroba yang menginfeksi pasien dan resisten terhadap antibiotik, yang menjadikan mereka berpotensi untuk mematikan.

Para ilmuwan yang mempelajari keluarga enterococcus menemukan bakteri tersebut mengembangkan resistensi terhadap kondisi yang sangat parah sekitar 450 juta tahun yang lalu. Menurut mereka hewan-hewan di rantai makanan bagian bawah membuang kotoran yang mengandung bakteri di daratan, dimana bakteri tersebut belajar untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti di bawah terik panas matahari.

Michael Gilmore, seorang optalmologis dan mikrobiologis yang mengepalai program ekstensif mengenai resisistensi terhadap antibiotik di Harvard University mengatakan bakteri yang ditemukan dalam es berusia 30 ribu tahun tersebut dapat diekstraksi dan dibangkitkan oleh para ilmuwan modern. Menurutnya hal itu menjadi petunjuk ketangguhan enterococci.

Enterococci serupa dengan kecoa di lingkungan bakteri. Mereka sangat, sulit untuk dibasmi. Sehingga kami berpikir ini mungkin karakteristik yang dikembangkan enterococcus agar dapat bertahan di daratan dan membuat mereka sangat tangguh sampai sekarang,” ungkap Gilmore.

Ia juga merupakan supervisor sebuah tim peneliti yang melakukan pengurutan genome dari 24 anggota keluarga enterococci, yang menemukan 45 sifat berbeda yang membuat merekat resisten terhadap antibiotik dan disinfektan di rumah-rumah sakit modern. Hasil karya mereka dirilis dalam jurnal Cell.

Gilmore menambahkan dengan mengenal karakteristik DNA purba bakteri enterococcus, kami dapat mulai mengamati resistensi yang berbeda-beda dan mencoba untuk mengidentifikasi contoh dari senyawa-senyawa barau yang dapat menghancurkannya. Jadi itu menjadi sasaran untuk generasi baru disinfektan atau antibiotik.

Pihaknya juga menyatakan tujuan dari riset yang melacak enterococcus hingga ke asal pra-sejarahnya ialah untuk membasmi bakteri super yang mengancam pasien di rumah sakit. (Adith/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response