Hadapi Persaingan Bebas Pemkab Gelar Workshop

 

Matamatanews.com, BREBES—Guna menghadapi persaingan pasar bebas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Bagian Penanggulangan Kemiskinan Sekretariat Daerah (Setda) Brebes, menggelar Workshop Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Brerbes.

Workshop dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang diwakili Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes Dra Julining Pirula Dewi, di Meeting Room Hotel Grand Dian Brebes, Kamis (7/11)

“Kegiatan ini, merupakan salah satu upaya memberikan pengetahuan kebijakan pemerintah terkait akses pembiayaan dan memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar senantiasa meningkatkan kualitas produk dan keanekaragaman usaha,” ucap Idza.

Idza mengintruksikan, kepada instansi pemerintahan agar program kerja yang dibuat menyentuh langsung kepentingan rakyat. Demikian dapat mempercepat kesejahteraan, melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya yakin, dengan geliat UMKM masyarakat yang terus tumbuh, akan mampu meningkatkan laju perekonomian masyarakat Kabupaten Brebes,” ungkap Idza.

Kata Idza, jumlah UMKM di Kabupaten Brebes tercatat 25.214,  terdiri dari 17.358 usaha mikro, 7.224 usaha kecil dan 636 usaha menengah. Jumlah terbesar adalah usaha mikro, yaitu sebesar 68,8 persen. Artinya mereka adalah para usahawan dengan aset kurang dari atau sama dengan Rp  50 juta dan omset kurang dari atau sama dengan Rp 300 juta.

“Untuk itu, kepada peserta dan pelaku UMKM agar mengikuti kegiatan dengan seksama, menyerap ilmu yang disampaikan narasumber, sehingga menambah wawasan dalam mengembangkan usaha,” pungkas Idza

Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Sekda Brebes Dra Farikhah menyampaikan workshop dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat dan usaha mikro agar lebih berkembang dan mensejahterakan masyarakat.  Sehingga bisa terlepas dari jerat kemiskinan.

“Ada 85 peserta, yang merupakan perwakilan OPD terkait serta pelaku UMKM di Kabupaten Brebes,” jelas Farikhah.

Lanjut Farikhah, kegiatan tersebut, dinarasumberi Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta Fiksi SE, dan Pemilik Dedy Jaya Grup Muhadi Setiabudi. (Ba. Ws/ Pur )

 

redaksi

No comment

Leave a Response