Hujan Lebat dan Banjir Melanda Kecamatan Purwanegara Banjarnegara

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sertai angin dan petir mengguyur wilayah Banjarnegara bagian barat terutama di Desa Merden, Danaraja Kec Purwanegara dan sekitarnya selama lebih kurang 3 jam pada hari Sabtu (3/11/2018) sore hari. Akibat dari kejadian itu beberapa pohon Albasia tumbang di pinggir jalan raya Kalimendong Danaraja - Merden menimpa kabel jaringan listrik PLN dan menimbulkan kemacetan lalulintas untuk sementara waktu.

Luapan Air Kali / sungai Gondang Dusun Kalimendong Danaraja di ruas jalan kampung Dusun Kepetek dan Kalimendong setinggi hampir 50 cm dan ke area perkebunan warga. Selain itu luapan air irigasi persawahan di Jalan Raya Banjarnegara - Purwokerto ruas jalan Kalimendong - Mandiraja hampir setinggi 25 cm juga sempat memacetkan lalulintas sepanjang 300 m.

Di tempat lain luapan air sungai Awen Desa Merden di jalan raya Merden - Mandiraja - Kalimendong setinggi 25 meter mengakibatkan kemacetan lalulintas sementara, menggenangi persawahan milik warga , membanjiri perkebunan,  permukiman warga dan kolam ikan milik penduduk setempat.

Rumah warga yang terkena genangan air setinggi 50 m di RT 02 RW 08 Kadus 5 Desa Merden Kec Purwanegara adalah keluarga Turyan Sahudi (54 th ) terdiri 7 jiwa, keluarga Darmin (60 th) 2 jiwa, keluarga Jatno (45 th) 3 jiwa dan Darsiah (55 th) 1 jiwa.Aliran dan genangan air setinggi 50 cm sempat membasahi dan merusak sebagian barang perabot seperti kursi, alat dapur dan perabot lainnya. Bahkan sebagian  warga kehilangan ikan dari kolam peliharaannya.

Dalam peristiwa  ini tidak ada korban jiwa dan kerusakan serta kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.Petugas BPBD melakukan asesmen dan pemantauan di lokasi kejadian,  dengan tindakan menyingkirkan pohon tumbang bersama  warga setempat dan pemutusan arus listrik untuk sementara oleh dinas gangguan PLN. *(javi/hen)

sam

No comment

Leave a Response