Indonesia – Fiji Tingkatkan Kerja sama

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Fiji, Josaia Vorege Bainimarama membahas upaya peningkatan kerja sama pembangunan di kawasan Pasifik.

"Indonesia dan Fiji akan memperkuat serta mendorong kerja sama pembangunan di kawasan," kata Retno, dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Menlu Retno menyampaikan, Indonesia dan Fiji memiliki pandangan yang sama yaitu membentuk Pasifik yang damai, bersahabat dan saling menghormati. Kedua negara juga berharap kawasan Pasifik menjadi kawasan yang kondusif untuk berbagai kerja sama, terutama di bidang ekonomi, pembangunan dan perdagangan yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara.

Menlu Retno menegaskan bahwa Fiji adalah salah satu negara mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Pasifik. Sehingga, kedua menlu sepakat agar kerja sama kalangan bisnis kedua negara harus terus diperkokoh. "Kita harus mendorong interaksi pelaku bisnis untuk memperkuat hubungan ekonomi di kedua negara dan kawasan," ujar dia.

Selanjutnya, Retno mengajukan permintaan dukungan dari Fiji atas pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. Sementara itu, Menlu Bainimarama menyampaikan bahwa bantuan tanggap darurat dari Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi kompleks sekolah Queen Victoria School (QVS) setelah topan Winston, sangat membantu pemulihan proses belajar mengajar di Fiji.

Sejak terjadinya bencana alam di Fiji, proses rehabilitasi terus berjalan. Indonesia dan Fiji juga memiliki skema kerja sama manajemen risiko bencana. Menlu Fiji juga menegaskan kembali posisi Fiji dalam menghormati integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada akhir pertemuan, Menlu RI mengundang semua menteri luar negeri dari negara anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) untuk hadir dalam Pertemuan Forum Demokrasi Bali pada Desember 2016. [DH/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response