Indonesia-Rumania Tingkatkan Kerjasama Infrastruktur

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Pertemuan Bilateral Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Rumania Lazar Comanescu berlangsung di Jakarta, Rabu (12/10). Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bahwa Indonesia dengan Rumania akan memperluas kerjasama dalam bidang infrastruktur.

Retno menjelaskan, “Kemungkinan kami (Indonesia-Rumania) akan memperkuat hubungan bilateral di bidang infrastruktur. Karena infrastruktur menjadi salah satu prioritas pembangunan Indonesia saat ini”. Selain itu, kerja sama kedua negara ini terbilang sudah mengalami kemajuan yang signifikan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rumania direncanakan akan bertemu langsung dengan Menteri Perhubungan RI untuk mendiskusikan potensi kerjasama di bidang infrastruktur. Kedatangan Rumania tidak hanya untuk meningkatkan kerjasama saja, tetapi untuk mengkaji dan memperkuat kemitraan kedua negara.

Menurut Direktur Jenderal Amerika dan Eropa kemlu Muhammad Anshor, kunjungan pertama Munlu Rumania ke Indonesia dianggap sebagai pendekatan untuk memperkuat kemitraan dengan negara-negara di Asia. Karena sampai saat ini belum ada kerjasama yang bersifat spesifik dari sektor Ekonomi dari kedua negara tersebut.

Menlu Rumania, Lazar Comanescu mengatakan, Indonesia-Rumania mempunyai potensi ekonomi yang baik. selain itu, Indonesia merupakan mitra kunci Rumania di kawasan Asia Tenggara, sehingga Rumania datang ke Indonesia dengan tujuan yang sudah sangat jelas.

“Mungkin Rumania dapat mempermudah akses perekonomian Indonesia ke pasar Uni Eropa suatu saat nanti. Kami akan memastikan kepada Indonesia bahwa kerjasama ini sangat penting untuk kedepannya”. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response