Inilah Senjata Yang Digunakan di Lebih Dari 20 Negara

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Memang tidak semua negara  menggunakan peluncur granat Milkor MGL enam-shot 40mm sebagai senjata pelengkap di kastuan militernya. Tetapi,percaya atau tidak MGL enam-shot 40mm telah digunakan lebih dari dua puluh negara di dunia.Peluncur granat Milkor MGL enam-shot 4omm adalah peluncur roket multishot genggam pertama yang diproduksi secara masal didunia. Dikembangkan oleh Nasional Afrika Selatan selama lebih dari dua puluh tahun.

Sejak tahun 1996, sebuah versi perbaikan dari desain dasar memasuki produksi, dikenal dengan MGL Mk.1. MGL Milkor juga digunakan oleh lebih dari dua puluh negara di seluruh dunia. Milkor MGL menawarkan peningkatan senjata yang signifikan, dibandingkan perusahaan Milkor asal Afrika Selatan, memasuki produksi pada tahun 1983, dan digunakan oleh Pasukan Pertahanan dengan peluncur M79 Single Shot 40mm buatan AS. Kemampuan tembakan yang cepat (enam tembakan dalam waktu kurang tiga detik) sangat penting dalam situasi penyergapan dan  perang gerilya dalam kota.

Mk.1 Milkor sekarang ditawarkan untuk ekspor, dan salinan hampir persis Mk1, diproduksi di Kroasia oleh perusahaan Alan RH sebagai RGB-6. Modifikasi terbaru dari, peluncur Mk.1 yang diproduksi dan ditawarkan di Amerika Serikat di bawah lisensi oleh Milkor Marketing Inc, adalah Mk.1S Milkor dan Milkor MK-140.

 Kedua peluncur berbeda dari Mk.1 asli dengan memiliki kuat, frame stainless steel (sebagai lawan dari frame aluminium asli), serta memiliki empat rel aksesori Picatinny-jenis laras sekitar. Perbedaan antara Mk.1S dan Mk-140 adalah panjang silinder – sementara Mk.1S mempertahankan silinder asli, Mk-140 memiliki panjang silinder, yang dapat menampung lebih banyak jenis amunisi kurang mematikan 40mm, yang biasanya memiliki hulu ledak lagi. Kedua jenis juga memiliki ledakan ‘mematikan’ semua dengan standar amunisi 40x46mm, termasuk HE, HE-frag, HEDP dan lain-lain.

Mk.1 Milkor adalah jenis revolver, Snapan genggam peluncur granat. Silinder enam-shot diputar dengan arah putaran jarum jam-untuk masing-masing granat yang ditembakkan. Untuk reload, bagian belakang bingkai (bersama dengan pegangan pistol) dibuka dan kemudian diputar ke samping sekitar strut atas frame, hingga ruang dalam silinder yang terbuka untuk reload.

Setelah mengisi silinder, bagian belakang frame berputar kembali dan terkunci pada posisinya. Mekanisme penembakan aksi-ganda memiliki pengaman manual di atas pegangan pistol. Semua peluncur Mk.1 dilengkapi dengan pandangan jenis red-dot, dengan rentang skala. Versi modern, M.1S dan Mk.1L, juga dapat dilengkapi dengan jenis lain dari peralatan viewer, menggunakan Picatinny rel di atas laras. (samar)

 

Milkor MGL Mk.1 / Mk.1S

Milkor MGL-140

Caliber

40x46mm

Type

multi-shot revolver

Overall length, shoulder rest open/folded

730 / 630 mm

787 / 661 mm

Weight

5.3 kg empty (5.6 kg Mk. 1S)

6 kg empty

Effective range

150 m point targets; up to 400 m area targets

Capacity

6 rounds

sam

No comment

Leave a Response