Irak Jatuhi Hukuman Mati dan Seumur Hidup Anggota ISIS

 

Matamatanews.com, BAGHDAD—Sebanyak 212 orang yang diduga terlibat  kelompok teroris ISIS atau Daesh dalam sembilan bulan terakhir akhirnya dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan di Mosul, Irak. Abdul Sattar Bayrakdar, juru bicara Dewan Kehakiman Tinggi Irak dalam sebuah pernyataan tertulisnya mengatakan bahwa kasus dan putusan pengadilan pidana di Mosul sudah diputuskan pada  bulan Juli 2017 lalu sejak kota tersebut bebas dari ISIS (Daesh).

Pernyataan itu menyebutkan dalam  sembilan bulan terakhir sudah 815 orang tersangka yang dijatuhi hukuman mati, 150 divonis seumumur hidup,41 orang dihukum penjara , dan  112 orang lainnya dibebaskan karena tidak ditemukan bukti yang kuat keterlibatanya dengan kelompok teroris ISIS.

Sebagian besar  terdakwa yang dijatuhi hukuman adalah anggota yang organisasi teroris ISIS  dan mereka diseret ke pengadilan menggunakan Pasal 4 Undang-Undang Anti Teror, di mana pelaku kejahatan bisa diganjar hukuman dengan dua pilihan, yakni hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Dengan adanya vonis mati terhadap para anggota ISIS  oleh pengadilan di Mosul, Irak diharapkan stabilitas keamanan akan sedikit berkurang dan masyarakat tidak lagi hidup dibayang-bayangi rasa takut. “ Vonis tersebut sudah sesuai dengan Pasal UU Anti teror yang berlaku, dan mereka yang terbukti sebagai anggota divonis mati selebihnya dipenjara seumur hidup. Sedangkan tak terlibat dibebaskan,” ungkap seorang sumber di kemiliteran Irak. (cam)

 

sam

No comment

Leave a Response