Jepang Uji Kereta Peluru Yang melaju Hingga 400 Kilometer Per Jam

 

Matamatanews.com,TOKYO – Jepang diwartakan kantor berita CNN pa­da Sabtu (11/5), sedang menguji kereta peluru tercepat di dunia. Jika selesai di uji, maka kereta peluru yang sanggup melaju hingga 400 kilometer per jam ini, disebut-sebut akan membuat revolusi dalam moda transportasi.

“Kereta Shinkansen versi ALFA-X mulai menjalani uji se­lama tiga tahun dimulai Jumat (10/5), denga melalui rute Kota Sendai dan Aomori yang berjarak sekitar 280 kilome­ter,” demikian pernyataan East Japan Railway Co (JR East). “Kereta ini akan dioperasikan sekitar 2030 dan akan jadi kereta peluru tercepat di dunia,” imbuh perusahaan kereta Jepang itu.

Kecepatan kereta peluru Shinkansen versi ALFA-X ini a­kan mengalahkan kereta cepat Fuxing buatan Tiongkok yang sanggup melaju hingga 390 kilometer per jam.

Sejak setahun lalu, Jepang juga sedang menguji kere­ta peluru terbaru, Shinkansen N700S, yang memiliki kece­patan maksimal 300 kilometer per jam dan akan mulai di­operasikan pada 2020, bertetapan dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo.

Rekor kecepatan laju kereta saat ini dipegang kereta mag­netik levitasi (maglev) buatan Japan Railway yang dalam uji di jalur eksperimen pada 2015, sanggup melaju hingga ke­cepatan 603 kilometer per jam.(s/KJ/ CNN) 

 

sam

No comment

Leave a Response