Jika Diminta Riyadh, Amerika Siap Mencari Khashoggi di Turki

 

Matamatanews.com, AMERIKA SERIKAT—Seperti dilansir Reuters pada Rabu (10/10/2018) kemarin Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengatakan bahwa Amerika Serikat siap membantu dengan cara apapun dalam penyelidikan atas hilangnya wartawan terkenal Arab  Saudi, Jamal Khashoggi.

Pence ditanya  saat sesi wawancara dalam program radio  yang dibawakan Hugh Hewitt, apakah Washington akan mengirim FBI ke Turki bila Arab Saudi memintanya.” Saya pikir Amerika Serikat siap membantu dengan cara apa pun,” kata Pence.

Pada  Selasa (8/10/2018) lalu Presiden AS Donald  Trump mengatakan ia tidak  tahu apa-apa tentang hilangnya  jurnalis Saudi Jamal Khashoggi. Kementerian luar negeri Turki sendiri telah menyatakan bahwa Arab  Saudi telah memberikan semua bantuan dan kerja sama terkait hilangnya wartawan tersebut di Istanbul pekan lalu.

Pangeran Mohammad bin Salman Al Saud, Putra Mahkota Arab Saudi, dalam sebuah wawancaranya dengan Bloomberg yang diterbitkan pada Jum’at (5/10/2018) pekan lalu, menyatakan bahwa Khashoggi tidak ada di konsulat Saudi di Istanbul dan ia mengizinkan pihak berwenang Turki untuk mencarinya meskipun di Konsulat.

“Itu wilayah kedaulatan mereka, kami tidak menyembunyikan apapun,” kata putra mahkota kepada Bloomberg seperti dikutip Reuters. (cam)

 

sam

No comment

Leave a Response