Jumat Barokah Banjarnegara, Yayasan Peduli Sesama

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Yayasan yang didirikan pada tanggal 13 April 2017 ini memiliki misi kemanusiaan terutama kepada kaum dhuafa, yatim piatu dan korban bencana alam. Sosok Turiman adalah pencetus lahirnya Yayasan ini. Bermula dari kepeduliaan Turiman melihat kondisi lingkungan yang masih kekurangan, maka tercetuslah untuk menggalang donasi sesama pedagang makanan dengan memberi bantuan semampunya.

Awalnya strategi yang mereka lakukan adalah membeli makanan dengan jumlah tertentu kepada pedagang kecil, kemudian dibagikan secara cuma cuma kepada kaum miskin, yatim piatu dan korban bencana alam. Kegiatan mereka lakukan setiap hari Jum’at.  Karena kepedulian merekalah kemudian donaturpun  melirik aktivitas sosial ini. Dengan berbekal modal itu dibentuklah Yayasan Jum’at Barokah Banjarnegara  (JBB) dengan tujuan membantu masyarakat kurang mampu untuk memberi solusi berkesinambungan agar masyarakat kurang mampu tersebut bisa mencapai kesejahteraan di masa datang baik duniawi maupun ukhrowi.

Menurut Bi Arfin salah satu penggagas Yayasan ada beberapa kegiatan yang menjadi program utama JBB, diantaranya : Sarapan gratis yaitu memberikan dana kepada pedagang kecil untuk membuat menu makanan yang nantinya dibagikan secara gratis terutam di wilayah terpencil, miskin atau daerah bencana alam, ketuk Berkah memberikan bantuan paket sembako dan didistribusikan kepada kaum dhuafa secara ekonomi. Untuk kegiatan ini telah disalurkan lebih dari 300 paket sembako, dan biaya Sekolah Yatim serta  Dhuafa, ditujukan bagi siswa kaum dhuafa terutama  yatim piatu untuk melanjutkan pendidikannya. Salah satu wujud dari kegiatan ini adalah pembetian bantuan senilai empat juta rupiah dengan rincian tiga juta rupiah untuk SPP dan satu juta rupiah untuk bantuan modal usaha.

Clean Action Movement, merupakan kegiatan bersih bersih tempat umum, tempat ibadah agar masyarakat terbiasa hidup bersih dan peduli terhadap lingkungannya,dan bedah Rumah memberi bantuan kepada keluarga yang tidak memiliki rumah tidak layak huni

" Alhamdulillah semua kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan terimakasih sebesar besarnya kepada donatur yang peduli dengan kegiatan sosial ini, " kata Bi Arfin.(wisnu, hendro)

 

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response