Kandungan Timbal Dalam Kosmetik Membahayakan Kesehatan

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Kandungan senyawa kimia yang jumlahnya berlebihan dalam kosmetik dapat membahayakan kesehatan penggunanya. Dinas Kesehatan Amerika sedang menyoroti kandungan timbal yang terdapat pada kosmetik. Beberapa jenis kosmetik yang mengandung senyawa timbal yakni body lotion, bedak tabur, lip liner, lipstick, dan lip gloss.

Seperti yang dilansir oleh Fox News, Food and Drug Administration mengumumkan peraturan baru terkait batas aman kadar timbal yang diperbolehkan dalam kosmetik. Pihak Food and Drug Administration menegaskan bahwa pihak yang memproduksi dan mendistribusikan kosmetik yang mengandung timbal agar tidak mencampurkan timbal tersebut tidak lebih dari 10 mg.

Environmental Protection Agency di Amerika Serikat ikut menyerukan permasalahan tersebut dengan mengatakan, “Timbal merupakan unsur alami yang dapat ditemukan pada kerak bumi. Selain mempunyai banyak manfaat, namun pemakaian dengan jumlah yang terlalu banyak dapat mengubahnya menjadi racun yang berbahaya untuk kesehatan”.

Logam timbal yang berlebihan pada tubuh dapat menyebabkan gangguan pada fungsi kardiovascular, kemudian memicu terjadinya masalah pada ginjal. Selain itu, paparan logam timbal bagi wanita yang sedang hamil dapat menyebabkan kelahiran yang prematur dan menghambat pertumbuhan janin. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response