Kemensesneg Mengatakan Bupati Harus Komitmen Dukung Program KB

 

Matamatanews.com, BREBESProgram Keluarga Berencana (KB), perlu mendapat campur tangan Kepala Daerah selain dari masyarakat itu sendiri. Dorongan dan kebijakan dari seorang Bupati, sangat menentukan sukses tidaknya program KB di daerah tersebut. Untuk itu, bagi Kepala Daerah yang memiliki komitmen kuat terhadap program KB pemerintah akan memberikan apresiasi kepada yang bersangkutan. Demikian disampaikan Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (GTK) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) RI Imam Suprayitna SE MTr (Han) Laksamana TNI saat melakukan kunjungan ke Kampung KB desa Temukerep, Kecamatan Larangan, Brebes, Rabu (8/5).

Bupati, kata Imam, harus berkomitmen memberikan dukungan politis mengenai pentingnya ber-KB sehingga warganya memiliki dua anak cukup. Disamping itu, bentuk kelembagaan yang menangani bidang Pengendalian Penduduk dan KB harus secara utuh jangan ditumpangkan pada lembaga lainnya. Termasuk jumlah lintas sektor yang terlibat dalam penggarapan Kampung KB seperti PUPR, Kesehatan, Pendidikan, Sosial, PMD dan lain lain juga nyata.

“Bupati harus merangkul seluruh komponen kelembagaan untuk turut serta mensukseskan program KB,” ucapnya .Yang tidak kalah penting, lanjutnya, terdapat prosentasi dukungan APBD terhadap program KB dalam jumlah yang signifikan. 

Begitupun dengan dukungan operasional di lini lapangan dalam berbagai pembinaan yang diterjunkan ke kemasyarakat baik itu oleh ASN maupun Non ASN. “Bila Bupati telah melakukan langkah nyata maka bisa dilihat prestasi capaian programnya,” tandasnya

Kedatangan Tim, masih kata Imam, dikandung maksud untuk melihat secara langsung kondisi riil dan keterlibatan seorang Kepala Daerah guna diberikan apresiasi oleh Presiden berupa Penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pembangunan. “Dengan hadirnya kami, menegaskan kalau penghargaan itu bukan semata mata cari gengsi tetapi benar-benar ada kerja nyata,” pungkasnya.

Dalam kunjungan penilaian tersebut, tim antara lain menilai Kampung KB desa Temukerep Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes. Tim melihat dan melakukan penilaian secara langsung pelayanan diberbagai lini, diantaranya Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Juga mendatangi Puskesmas Larangan yang saat itu tengah berlangsung pelayanan KB.Dalam kesempatan tersebut, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH tak jemu-jemu menyampaikan pesan-pesan keikutsertaan masyarakat dalam ber KB.

Dia mengajak kepada warga masyarakat untuk menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) karena lebih aman dan pasti. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Khambali mengakui komitmen Bupati begitu tinggi dalam mensukseskan program KB. Terbukti, penghargaan dibidang KB telah banyak dipegangnya seperti Kabupaten Layak Anak, Anugrah Prahita Ekapraya, Penghargaan Manggala Karya Kencana dan lain lain. (hms/ Pur)

sam

No comment

Leave a Response