Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jabat Rektor Unsoed

 

Matamatanews, PURWOKERTO — Rapat tertutup senat dengan agenda tunggal pemilihan rektor yang digelar di Ruang Rapat Rektorat Unsoed, Selasa siang, menghasilkan rektor baru. Setelah Prof. Dr. Ir Suwarto dinyatakan terpilih  sebagai Rektor Unsoed dengan  meraih 60 suara sedangkan dua calon rektor lainnya, yakni Dr. Agus Nuryanto, S.Si. meraih satu suara dan Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S. mendapatkan 28 suara.

Selama ini, Prof Suwarto dikenal sebagai peneliti bidang pertanian, khususnya dalam hal pemuliaan tanaman padi. Bahkan pada 2015 lalu, Prof Suwarto menerima penghargaan dari presiden atas prestasinya sebagai inovator pangandaan pertanian. Salah satu padi unggul hasil penangkaran Prof Dr Soewarto, adalah padi aromatik Inpago Unsoed 1. 

Prof Warto yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kabupaten Banyumas, terpilih sebagai rektor perguruan tinggi negeri tersebut untuk masa bakti 2018-2022.

 

Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Prof Dr Wardhana Suryapratama, menyebutkan, dalam pemilihan rektor tersebut, Prof Dr Suwarto yang merupakan guru besar Fakultas Pertanian mendapatkan dukungan 60 suara. Dua pesaingnya, Prof Dr Mas Yedi Sumaryadi dan Dr Agus Nuryanto, masing-masing mendapatkan 28 suara dan 1 suara.

"Dengan hasil ini, tinggal menunggu Surat Keputusan Menteri Riset dan Dikti untuk penetapan Prof Dr Sowarto sebagai Rektor Unsoed periode 2018-2022," jelasnya.

Dijelaskan proses pemilihan rektor diikuti oleh 58 orang dari 60 anggota senat yang ada di Unsoed. Dalam pemilihan rektor, dukungan yang diperebutkan tidak hanya dari kalangan anggota senat. Ada juga hak suara dari Kemenristekdikti yang ditetapkan sebanyak 31 suara. Sesuai ketentuan, hak suara dari kementerian berjumlah 35 persen dari jumlah suara senat. 

"Jumlah anggota senat Unsoed ada sebanyak 60 orang, maka hak suara Kemenristekdikti ada 31 suara,dngan demikian, jumlah suara yang diperebutkan dalam rapat senat tersebut sebanyak 89 suara " terang Prof Wardana.

Prod Dr Soewarto  seusai pemilihan, menyatakan yang akan menjadi prioritas utama selama kepemimpinannya adalah upaya untuk peningkatan akreditasi, baik untuk insitusi maupun program studi yang ada di lingkungan Unsoed.

Selain itu Prof Suwarto juga menekankan, seluruh civitas akademika Unsoed ke depan harus lebih banyak menyumbangkan karya-karya inovatif untuk masyarakat. (Hendro/ Wisnu/ Pr)

sam

No comment

Leave a Response