Keunikan Pasar Inis Desa Brondongrejo, di Purworejo

 

Matamatanews.com, BRONDONGREJO—Di tengah hamparan sawah yang luas Matamatanews.com menyambangi sebuah tempat yang setiap hari minggu menjadi tujuan masyarakat lokal maupun luar kota. Ya lokasi itu adalah sebuah pasar bernama Pasar Inis berada di Desa Brondongrejo, Kec. Purwodadi Kab. Purworejo Jawa Tengah.

Terlihat unik, alami dan tradisional bila kita menyimpulkan kondisi pasar ini.  Unik karena belum ada di tempat lain, alami karena lokasi berada di tengah persawahan dan properti terbuat dari jerami, kayu dan bambu,  serta tradisional karena yang disajikan adalah menu tradisional.

Menurut Kamto penggagas pasar Inis awal mulanya pasar ini tidak berada di lokasi yang sekarang ini, tetapi berada di pinggir jalan desa. " Waktu itu hanya 3 orang pedagang saja yang berjualan,  tetapi respon masyarakat sangat positif maka sejak 2 bulan lalu lokasi pindah di sawah milik saya pribadi dan jumlah pedagang sekarang mencapai 12 orang, " katanya. Kamto pun memoles interior pasar ini dengan alasan akan mendapat kunjungan lebih banyak dari pembeli.

Dengan konsep inilah ternyata telah menyedot ratusan pengunjung tiap minggunya setidaknya menjadi pemasukan lebih bagi pedagang sendiri ataupun pemasukan bagi kas desa.Yang menarik dari kehadiran pasar ini adalah lokasi berada di sekitar persawahan,  menu yang diperjualbelikan berbahan ubi kayu, dan "duit pring" sebagai alat pembayarannya.

" Setiap pengunjung akan menukarkan uangnya dengan "duit pring" yang nilainya menurut warna bambunya. Warna hijau seharga Rp 2000, kuning Rp 5000, ungu Rp 10000 dan merah Rp 20000.  Kelebihan dari nilai uang tadi menjadi kas pasar, " kata Kamto kepada Matamatanews.com Minggu (4/11/2018).

Keunikan lain dari Pasar Inis adalah disediakannya permainan tradisional seperti egrang,  gerobak kayu, patung jerami, dan perkakas dari bambu dan kayu.

"Alhamdulillah dengan keunikan ini telah mendapat respon positif dari pemda dengan kehadiran ibu bupati Purworejo yang meresmikan pasar ini.  Kedepan kami mencoba memperbaiki infrastruktur yang ada seperti akses jalan serta pemadatan lokasi pasar, " kata Kamto bersemangat. *(hen)

 

 

sam

No comment

Leave a Response