Kirab Pusaka Dalam Rangka Hari Jadi Kab. Banyumas Ke 448

 

Matamatanews.com, SOKANEGARA—Salah satu agenda pokok dalam memperingati hari jadi Kab. Banyumas yang ke 448 adalah prosesi kirab Pusaka. Kegiatan ini dilaksankan pada hari Minggu (17/02/19) bertempat di Pendopo Wakil Bupati Banyumas Kel. Kranji dan Halaman Alun-alun Alun Purwokerto Kel. Sokanegara Kec. Purwokerto Timur. Ribuan orang tampak antusius menyaksikan prosesi tahunan yang menjadi salah satu agenda wisata Banyumas 2019.

Nampak pejabat di lingkungan pemkab Banyumas mengahadiri kirab pusaka ini diantaranya Danrem 071/Wijayakusuma 

Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos, M.M., M.Han, Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein, serta Forkompimda se Kab. Banyumas.Dalam sambutannya Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein menyatakan, rasa terimakasih atas partisipasi warga Banyumas menyaksikan Kirab Pusaka dalam rangka Hari Jadi Ke 448 Kab. Banyumas. 

" Ada 4 Empat pusaka yang akan dikirab yaitu tombak Kiai Genjring, keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul. Mudah mudahan acara kirab hari ini bisa berjalan lancar dan aman, ke depanya masyarakat Banyumas akan lebih baik lagi, " imbuhnya.

Kirab dimulai pukul 09.00 WIB mengambil start di komplek Pendopo Wakil Bupati, di pandu Cucuk Lampah diiringi Pasukan Bregada Pusaka, Penari Pager Bumi serta Jemparing memulai perjalanan dari Gapura Wabup menuju Pendapa Si Panji yang berjarak 2 km. Pelajar, mahasiswa, seniman, dan aparat pemerintahan turut meramaikan kirab dengan berbusana khas Banyumasan.Menurut Kabag Humas Setda Banyumas Drs. Joko Wiyono Msi, kirab pusaka ini menjadi agenda wisata Kab. Banyumas dan satu satunya yang ada di wilayah Barlingmascakeb.*(jack,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response