"Kluwung Sumunar" Mahakarya Batik PBKL SMAN 1 Sokaraja

 

Matamatanews.com, SOKARAJABertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober,  SMA N 1 Sokaraja kembali menyelenggarakan acara  tahunan mengambil tema " Kluwung Sumunar Mahakarya Batik PBKL Satu Dekade". Pada tahun ini tepat menginjak tahun ke 10 dengan menyelenggarakan berbagai acara selama dua hari tanggal 1-2 Oktober 2018.

Menurut Irvan salah satu panitia kegiatan mengatakan bahwa event ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional sekaligus wujud partisipasi melestarikan salah satu budaya nusantara.

"Kita melestarikan batik sebagai tanggungjawab terhadap penghargaan dunia untuk kearifan lokal Indonesia, sesuai sub tema acara ini mas, " katanya kepada Matamatanwes.com,Senin (1/10/2018) kemarin.

Selama dua hari penyelenggaraan akan ditampilkan berbagai kreasi siswa SMAN 1 Sokaraja, sepertiLaunching Batik Kluwung Sumunar,  Gelar perdana tari lengger Sokawira Kusuma,  Pameran Seni,  lomba batik tulis,  lomba kriya perca batik,  lomba desain motif batik canting cap,  drapping contest,  lomba mewarnai motif batik untuk TK-SD,  Fashion Show batik casual tingkat SMP-SMA,  pemilihan duta batik, dan lomba foto "batik day". 

Nama Kluwung Sumunar yang menjadi tema  sentral acara ini merupakan  nama motif batik buah karya seorang guru SMAN 1 Sokaraja.  Batik ini mempunyai ciri khas kaya warna sesuai arti namanya Kluwung Sumunar atau Pelangi Berkilau. Motif batik yang menjadi salah satu ikon SMAN 1 Sokaraja tersebut akan di launching pada peringatan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2018.

" Seni batik juga menjadi salah satu mata pelajaran di SMA ini,  selain mendapat bimbingan dan pelatihan dari dinas pendidikan  kami juga mendapat pembelajaran dari para pengusaha batik di Banyumas. Kami akan terus melestarikan salah satu budaya nusantara ini dan berusaha melahirkan inovasi terbaru seni batik dan terus berprestasi di tingkat daerah maupun nasional, " kata Irvan.* (hendro)

sam

No comment

Leave a Response