Koalisi Kembalikan 15 Tentara Anak-Anak Houthi

 

Matamatanews.com, RIYADH—Pasukan Koalisi Arab yang diwakili pasukan gabungan Unit Perlindungan Anak menyerahkan 15 anak-anak Yaman kepada pemerintah yaman yang sah yang ditangkap di sejumlah front dekat perbatasan Arab Saudi selama konfrontasi militer dengan milisi Houthi yang didukung Iran.Penyerahan tersebut dilakukan di hadapan sejumlah delegasi koalisi, perwakilan Komite internasional Palang Merah, Perwakilan Bulan Sabit Merah Saudi, Kepala Unit Perlindungan Anak dalam konflik bersenjata,  seorang delegasi pemerintah Yaman yang sah, dan seorang delegasi dari Komisi Hak Azasi Manusia Arab Saudi.

Setiap anak diberikan sejumlah uang sebagai hadiah dari koalisi Arab, secara simbolis komando pasukan Sharurah juga melakukan hal serupa, setelah itu dilanjut dengan foto bersama lalu mereka diangkut dengan bus menuju Marib.

Sebelum diserahkan kepada pemerintah Yaman yang sah para tentara anak-anak tersebut akan direhabilitasi lebih dahulu selama tiga bulan. Dan ini merupakan kelompok kelima tentara anak-anak dari jumlah totalnya 102 yang direhabilitasi pasukan koalisi di Yaman.Koalisi Arab mendukung penuh pemerintah Yaman yang sah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan keamanan dan stabilitas demi keutuhan  rakyatnya. Pasukan koalisi prihatin perlindungan dan rehabiltasi anak-anak yang direkrut milisi Houthi, oleh karena itu dibentuklah “Unit Perlindungan Anak” dalam komando gabungan.

Unit perlindungan anak yang didirikan pada tahun 2017  dan kerap berkoordinasi dengan PBB ini merupakan komitmen Arab Saudi untuk melindungi anak-anak dalam konflik bersenjata yang tujuannya untuk memberikan mereka perawatan kesehatan dan psikologis yang diperlukan setelah mreka direkrut dan digunakan milisi Houthi yang didukung Iran. (bar/al arabiya)

 

sam

No comment

Leave a Response