Koh Jul Buat SMA SPI Gratis Terinspirasi Lagu " Sore Tugu Pancoran "

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Karena lagu merupakan bahasa universal, maka lagu berisi  kritik sosialpun bisa dijadikan inspirasi bagi seseorang untuk berkarya maupun berprestasi. Salah satu lagu Iwan Fals berjudul    “ Sore Tugu Pancoran “, menjadi inspirasi dari Koh Jul untuk membuat sekolah Gratis bagi anak yatim piatu dari lintas suku, dan agama.

"Saya sangat ngefans dengan mas Iwan Fals, lagu-lagunya sangat bagus, dan banyak yang menginspirasi salah satunya lagu yang berjudul "Sore Tugu Pancoran", hingga berdirilah SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia) , gratis khusus  yatim piatu dari berbagai macam suku dan agama" ujar Koh Jul saat ditemui diresto Transformer  Center, di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Diceritakan Koh Jul, sejak berdiri tahun 2007 lalu, SMA SPI angkatan pertama baru bisa menerima siswa sekitar 30 orang, hingga kemudian meningkat menjadi 80 orang siswa. Kesemua siswa tersebut dididik secara gratis, termasuk  asrama, seragam, buku, makan, hingga uang saku diberikan.

"Jujur saya kadang suka nggak kuat saat menyeleksi siswa baru karena mendengar cerita mereka yang sangat memprihatinkan, tapi kemampuan kita terbatas," tegas Koh Jul  yang mempunyai nama asli Julianto Eka Putra.

Koh Jul sendiri pernah di undang  dua kali dalam acara  Kick  Andy, bahkan undangan kedua  ia diganjar penghargaan Kick Andy Heroes 2018, ia juga pernah  tampil di Hitam Putih dan masuk dalam program Heroes CNN Indonesia. Setelah berhasil mendirikan SMA SPI , kini Koh Jul mengembangkan usaha lebih luas dengan membuat obyek wisata Kampoeng Kidz dan Hotel Transformer Center di area yang sama seluas 21  hektar , sementara  lahan yang digunakan baru sekitar 4 hektar.

Selain SMA dan obyek  wisata, tahun 2018 ini rencananya Koh Jul akan membangun Sekolah Tinggi Kewirausahaan  Selamat Pagi Indonesia (STK SPI) ditanah yang sama dengan obyek wisata dan SMA SPI yang telah dibanggunnya. Dan pembangunan perguruan tinggi tersebut merupakan salah bentuk  kepedulian Koh Jul terhadap dunia pendidikan di Indonesia terutama bagi masyarakat yang membutuhkannya. (heru/cam)

sam

No comment

Leave a Response