Konvoi Bantuan Untuk Aleppo Di Serang

 

Matamatanews.com,ALEPPO---Konvoi bantuan dari PBB dan Bulan Sabit Merah Arab Suriah (SARC) yang sedang menuju wilayah Orum al-Kubra di Aleppo, menjadi sasaran serangan udara. Kelompok aktivis Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan, setidaknya 12 orang pekerja kemanusiaan tewas akibat serangan pesawat-pesawat tempur Suriah atau Rusia.

Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan kejadian itu merupakan pelanggaran besar. Ia menambahkan “Konvoi itu merupakan hasil dari suatu proses perizinan yang panjang untuk memberikan bantuan kepada warga sipil yang terisolasi”. Seorang saksi mengatakan kepada Reuters, sekitar lima rudal menghantam truk-truk yang sedang diparkir.

Kepala bantuan PBB, Stephen O’Brien mengatakan, ia sangat khawatir atas insiden itu, seharusnya semua pihak yang terlibat konflik ikut melindungi pekerja kemanusiaan, warga sipil, dan infrastruktur, seperti yang tertera dalam Hukum Kemanusiaan Internasional.

Pengiriman bantuan ini sebenarnya bagian terpenting dari kesepakatan gencatan senjata semala tujuh hari yang di tengahi oleh Amerika dan Rusia. Namun pihak militer dan pemberontak Suriah saling tuding karena telah melanggar kesepakatan genjatan senjata.

Sebelumnya, serang udara dilancarkan di Alappo dan kota-kota lain, setelah dilakukan gencatan senjata selama tujuh hari. Sementara itu SOHR mengatakan bahwa pasukan udara Bashar al-Assad telah melancarkan lebih dari 40 serangan udara sejak gencatan senjata dan telah menewaskan sekitar 36 orang. (atep/berbagai sumber).

sam

No comment

Leave a Response