Koperasi BMT UGT Sidogiri Salah Satu Koperasi Besar Di Indonesia

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Sidogiri adalah merupakan nama sebuah desa ,tepatnya berada di Kecamatan Kraton Kab. Pasuruan Jawa Timur. Di desa tersebut terdapat sebuah Pondok Pesantren dengan nama Pondok Pesantren Sidogiri yang dalam sejarahnya didirikan oleh seorang Sayyid asal Cirebon Sayyid Sulaiman pada tahun 1745 M. Dia adalah keturunan Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam dari marga Basyaiban.

Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri didirikan oleh K.A Sa'adullah Nawawi pada tahun 1961. Koperasi ini melayani kebutuhan para santri waktu itu khususnya bidang pendidikan dan pengajian.  Baru setelah tahun 1997 koperasi ini telah berbadan hukum dengan jenis usaha mini market, toko busana muslim, kantin santri,  toko alat tulis kantor,  percetakan, oleh - oleh haji dan umroh.

Koperasi KSPPS BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri berdiri pada tahun 2000.  Awal usahanya adalah Simpan Pinjam Syariah atau Baitul Mal Wattamwill yang berpusat di desa Sidogiri, Kec. Kraton, Pasuruan.  Saat ini BMT UGT Sidogiri telah berbadan hukum dengan No 09/BH/KWK/.13/VII/2000 diubah menjadi No 199/PAD/M.KUM.2/II/2015.

Anak perusahaan di bawah naungan koperasi yang dipimpin oleh H. Mahmud Ali Zain ini meliputi PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia, PT Asyki Sarana Sejahtera (Pialang Asuransi), PT BPPS UMMU  (Bank Syariah),  PT UGT System Integrator Development (Pembuatan Aplikasi),  PT UGT Sidogiri Arsen Telekomunikasi (Persewaan Satelit),  PT UGT Sinergi Barokah (Properti),  PT Soyugiri Primedika (Rumah Sakit),  PT UGTMAS Tour and Travel,  PT Angkut Berkah UGT (Sewa Dump Truck),  LDP SBC Sidogiri (Diklat dan Pelatihan), dan PT UGT Perkebunan Kelapa Sawit.

Pengakuan secara Internasional telah diraih oleh koperasi dengan omset trilyunan rupiah ini dengan meraih ISO 9001/2015 FS 661736.  Sedangkan prestasi lain yang diraih diantaranya Asset Terbesar KOPSYAH se Indonesia versi Majalah Investor (2012),  KJKS/KSU/BMT/KOPSYAH Terbaik (BSM 2010, 2011, 2012),  Rangking 3 dari 100 Koperasi Besar Indonesia,  The Best Islamic Microfinance dari Karim Consulting (2013),  Special Award The Best Business model BMT dari Karim Consulting (2015),  Koperasi Syariah Terbesar No 1 Indonesia dari Kementrian pusat (2015),  Koperasi dengan Inovasi Produk Terbaik dari Karim Consulting (2016),  Koperasi Trilyuner Indonesia versi Majalah Peluang (2017), Koperasi IT, Asset dan Omset Terbaik dari Kementrian Pusat (2017). (javi,hen/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response