Korea Utara Tangkap 2 Calon Pembunuh Presiden

Matamatanews.com-PYONGYANG—Dua orang yang diduga akan menghabisi presiden Korea Utara Kim Jong Un  ditangkap di perbatasan Cina – Korea Utara.Seperti disebutkan oleh media Inggris, The Sun dan Daily Mail pada Jum’at (8/42016) lalu,kedua orang yang ditangkap pihak keamanan tersebut berencana membunuh pemimpin Korea Utara. Seorang pembelot asal Korea Utara dan satu warga Cina berhasil dicokok di dekat sungai Tumen yang berbatasan dengan Cina. Informasi ini disampaikan oleh seorang sumber di Korut kepada media Jepang,Asia Press.

Kedua orang yang ditangkap itu diyakini berencana membunuh pemimpin Korut di Hoeryong, Provinsi Hamgyong Utara. Informasi detail soal bagaimana pembunuhan direncanakan belum diungkap ke publik. Menurut sumber itu, kedua orang yang disebut 'teroris' oleh otoritas Korut ini, belum berhasil menyeberangi Sungai Tumen yang memisahkan Korut dengan China.

Tentara Korut mendatangi China untuk menangkap keduanya. Ditambahkan sumber tersebut, kedua orang yang ditangkap itu dibawa ke Departemen Keamanan Negara. Tentara yang menangkap kedua pembunuh bayaran ini dilaporkan diberi penghargaan oleh otoritas setempat.

Dalam pernyataan terpisah, pihak Asia Press menyebut kisah soal rencana pembunuhan ini bisa jadi hanya rumor yang disebarkan oleh Korut sendiri untuk menarik perhatian menjelang Kongres Partai Pekerja Korea ke-7. Pengamanan di Korut memang diperketat menjelang Kongres yang akan digelar awal Mei ini.

Kongres Partai Pekerja Korea ke-7 itu merupakan yang pertama kali sejak 36 tahun terakhir, dan juga pertama kali di bawah kepemimpinan Kim Jong Un. Dalam kongres itu, Kim Jong Un akan membeberkan arah kebijakan dan kemungkinan perombakan kabinetnya.(detik/berbagai sumber/icam)

 

sam

No comment

Leave a Response