Kunjungan Perdana Menlu Inggris Ke Cina Tercoreng

 

Matamatanews.com, BEIJING – Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris yang baru, Jeremy Hunt lakukan kesalahan dalam lawatan perdananya ke Cina. Hunt menyebut istrinya yang berkewarganegaraan Cina dengan sebutan “orang Jepang”. Hunt yang sadar akan kesalahannya itu mengatakan bahwa hal itu merupakan kesalahan yang fatal.

Seperti yang dilansir DW, Hunt mengatakan, “Istri saya orang Jepang…istri saya orang Cina. Ucapan saya barusan kesalahan yang sangat buruk,” katanya kepada Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi.

Kesalahan yang dilakukan Hunt, lantaran dirinya pernah berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris di Jepang selama dua tahun. Ia mengatakan bahwa istri dan anak-anaknya masih keturunan Cina. Hunt mengaku memiliki kakek dan nenek yang merupakan etnis Cina yang tinggal di Xian serta memiliki hubungan kuat dengan keluarga di Cina.

Kesalahan Hunt terjadi ditengah hubungan Cina dan Jepang kian memanas atas konflik Laut Cina Timur. Pihak Beijing menuduh Jepang telah merusak stabilitas regional karena telah bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam hal pertahanan.

Hunt menjadi Menteri Luar Negeri lantaran, Boris Johnson yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris mengundurkan diri karena rancangan Brexit Perdana Menteri Theresa may. [Did/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response