Maddulisa Menjadi Raja Nusantara

 

Matamatanews.com- Kab. GOWA – Raja Pakualaman IX Prabu Suryodilogo menyematkan pin Mahaputra Kerajaan tingkat I Kerajaan kepada Raja Gowa Ke-37 I Maddusila Daeng Manyonri Karaeng Katangka Sultan Aluddin II, pada Minggu (29/5/2016) lalu. Prabu Suryodilogo mengatakan, penyematan pin penghargaan tersebut sebagai bentuk pengakuan atas penobatan Maddusila sebagai Raja ke-37. Dia mengatakan pin ini hanya dikhususkan kepada Raja-raja seluruh Nusantara.

Prabu Suryodilogo juga menyayangkan tindakan pemerintah Kabupaten Gowa yang menghalang-halangi prosesi pelantikan Maddusila menjadi Raja ke-37. Bahkan kata dia, akan sangat lucu apabila seorang yang sama sekali tidak memiliki garis keturunan raja berniat untuk menjadi Raja Nusantara.

Prabu Suryodilogo menjelaskan, hadirnya kerajaan Nusantara semata mata bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat Nusantara. Kehadiran kembali kerajaan Nusantara tidak akan menentang Pemrintahan yang sah.

Sementara, Raja ke-37 Gowa, Andi Maddusila mengatakan bahwa Bupati Gowa telah keliru apabila menganggap bahwa kehadiran kerajaan di Gowa menjadi penyerobot dan pesaing bagi Pemerintahan di Gowa.

“Apa yang dilakukan bupati itu salah salah besar. Kami tidak akan menentang pemerintahan yang sah bahkan kami akan mendukung pemerintahan yang ada saat ini,” kata Maddusila, Minggu (29/5/2016). Maddusila menjelaskan, dengan dinobatkannya sebagai Raja Gowa ke-37, maka langkah awal yang akan dilakukan adalah merangkul seluruh rakyat untuk setia kepada pemerintah. Selain itu, pihaknya juga akan menghubungi semua pemangku adat untuk menjalankan fungsinya sebagai pelestarian Budaya yang merupakan warisan leluhur yang telah dicetuskan di masa lalu.**

 

sam

No comment

Leave a Response