Mahasiswa Unsoed Rilis Official Theme Song "Generasi Soedirman"

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Bulan Agustus dan September biasanya bulan yang tidak akan dilupakan bagi mahasiswa baru. Mengapa, sebagai mahasiswa baru umumnya mereka memasuki lingkungan yang memang berbeda pada saat mereka masih SMA / SMK. Pertama-tama saat kehadiran mereka sebagai mahasiswa baru di kampus dan bahkan berlanjut pula pada hari-hari berikutnya, mereka mulai dikenalkan bermacam-macam kegiatan yang tak akan dilupakan. Salah satunya kegiatan mahasiswa baru yang sudah berlangsung di Unsoed yakni Soedirman Student Summit (S3) merupakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). 

"Pada S3 tahun 2019 ini, terdapat gebrakan baru yang dibuat oleh mahasiswa UNSOED, yaitu dengan merilis Official Theme Song yang berjudul "Generasi Soedirman". Lagu ini terinspirasi dari sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman yang pemberani, tidak kenal lelah, dan pantang menyerah, " ungkap Koordinator Sistim Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Menurut Menteri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM Unsoed Zaenab Nurul Jannah bahwa lagu Generasi Soedirman dinyanyikan oleh Astri Restuta Hutami Putri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Zaenab yang juga mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 2016 menambahkan bahwa untuk musiknya diaransemen oleh Ilham Islam Seran dari Fakultas Teknik Unsoed bersama Caesar Muhammad Naufal Abidangko dari Fakultas Pertanian Unsoed dan Fariz Affandi Bahtiar dari Fakultas Peternakan Unsoed.

Pencipta lagu "Generasi Soedirman" Ilham mengungkapkan bahwa dengan diciptakannya lagu ini dia berharap dapat menumbuhkan jiwa Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam diri mahasiswa Unsoed. 

"Sangat senang dan bangga ketika pertama kali mendengarkan lagu Generasi Soedirman tersebut, karena lagu tersebut merupakan ciptaan dari mahasiswa Unsoed, "ungkap Astri.

Astri menambahkan lagu tersebut merupakan lagu yang sangat bagus karena instrumen pada lagu tersebut terdapat perpaduan antara musik tradisional dan modern, yang menurut dia lagu-lagu seperti model ini banyak disukai oleh penikmat musik zaman sekarang. 

"Lirik dan nadanya pun sederhana sehingga mudah diingat ketika menyanyikan lagu tersebut, " tambahnya.

Usai menyanyikan lagu "Generasi Soedirman", Astri berharap semoga apa yang dikumandangkan mahasiswa baru melalui lagu tersebut bisa memberikan tuntunan bagi kita semua untuk  melangkah sesuai dengan norma dan etika dari Panglima Besar Jenderal Soedirman. Dia berpesan kepada mahasiswa baru Unsoed tahun 2019 di antaranya karena kita kuliah di UNSOED, dimana Panglima Besar Jenderal Soedirman yang menjadi icon (logo) universitas maka kita harus mengetahui sekaligus menjalankan pesan- pesan dari Panglima Besar Jenderal Soedirman seperti lirik pada lagu "Generasi Soedirman" yaitu maju terus, tak kenal lelah, pantang menyerah dan berani. 

"Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena kita bisa jika kita mau untuk mencoba dan terus berusaha. Tetap semangat dan selamat untuk berproses, "pesannya.

"Saya mulai latihan menyanyi ketika umur 12 tahun saat SD. Ketika itu ada sebuah acara televisi mengenal ajang pencarian bakat menyanyi. Entah kenapa saya sangat suka  meniru gaya peserta tersebut saat menyanyi di TV, hingga saya mencoba praktik di depan cermin sambil bernyanyi. Sejak saat itulah saya jadi suka dan tertarik dengan musik serta menyanyi. Di keluarga hanya bapaknya saja yang sering menyanyi dan bermain musik, " tambahnya.

Lirik lagu Generasi Soedirman 

Melangkah pasti mencapai tujuan

Meski ku tahu ini tak akan mudah

Tetap melangkah lawan perubahan

Maju terus tak kenal lelah pantang menyerah dan berani

berusaha memberikan yang terbaik

Maju terus tak kenal lelah pantang menyerah dan berani

berusaha memberikan yang terbaik

Menjadi generasi

Generasi bangsa

Generasi Soedirman.

Mengenal Sosok Penyanyi Lagu Generasi Soedirman Astri Restuta Hutami Putri Dan Pencipta Lagu Ilham Islam Seran Astri Restuta Hutami Putri, lahir di Purwokerto, 15 Mei 2000. Pendidikan gadis yang beralamat di Jl. Gg.Dukuh RT 01/03 Desa Kutasari,  Kec. Baturraden Kab.Banyumas ini adalah SD N 2 Sokanegara (2006-2012), SMP N 1 Purwokerto (2012-2015), SMA N 1 Purwokerto (2015-2018), Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnid Unsoed (2018). Di bidang organisasi terlibat di Himpunan Mahasiswa Jurusan manajemen (HMJM). Prestasi yang pernah diraih adalah 5th Bali International Choir Festival kategori vocal group (Silver Medal level 9), Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman th 2016 (Silver Medal).

Sedangkan Ilham Islam Seran lahir di Kupang, 25 April 1999. Saat ini dia berdomisili di Jl. Cendana 3 Blok B9 No.6 Bukit Asri Ciomas Indah, Bogor.Pendidikan yang pernah dijalani SDN Polisi 1 Bogor, SMPN 2 Bogor, SMAN 9 Bogor, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed. Di keorganisasian dia sebagai Staff KOMINFO Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Menteri Media Kreatif BEM UNSOED. Prestasi yang diraih adalah Pengaransemen musik untuk rekor MURI UNSOED 2019 yakni “Menyanyikan Lagu Daerah Terbanyak oleh Kelompok Mahasiswa”.*(hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response