Manusia Robot Dari Jepang

 

Matamatanews.com,TOKYORobot berbentuk manusia seperti  dalam film ‘Terminator’ yang diperankan aktor Arnold Schwarzeneger,dibungkus kulit,berbicara dan berprilaku seperti manusia,kini sudah bisa diwujudkan.Seperti yang dilakukan profesor Hiroshi Ishiguro asal Jepang ini,ia membuat robot menyerupai dirinya dengan nama “Geminoid HI-1” . Bahkan robot ini oleh sang profesor sering dipakai untuk menggantikan dirinya berbicara di berbagai acara  yang tak bisa didatangi.

Inspirasi robot ini berasal dari keinginan Hiroshi untuk membuat robot yang dapat mengerti perasaan dirinya ketika baru pulang dari kantor. Selain bisa dijadikan teman bicara dan mendengar setiap perkataan dirinya, robot inipun bisa menggantikan anggota keluarga untuk berfoto bersama.

Robot yang dibuat Hiroshi seperti dirinya ini puny gaya bicara dan perilaku yang sama. Bahkan ketika dirinya disandingkan dengan robot tersebut seperti  saudara kembar.  Hiroshi mengatakan dirinya pernah mengirimkan robot tersebut keluar negeri untuk mewakili berbicara di acara parlemen di Chile. Robot ini dikontrol dengan menggunakan motion capture interface, sehingga dapat mengeluarkan suara,dan meniru gerakan tubuh dan wajah Ishiguro.

Ishiguro berharap robotnya ini dapat membantu manusia untuk menggantikan manusia,semisal menghadiri suatu acara seperti mengajar di kelas jarak jauh, foto bersama keluarga dan keperluan lainnya. Untuk saat ini,Ishiguro telah menggunakan  robot ini untuk berinteraksi di ruang kelas universitas Osaka. Berani coba? (Andro DP/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response