Masih Adakah Lubang Keamanan Bagi Whatsapp?

 

Matamatanews.com,JAKARTA— Meski Whatsapp menyatakan sistem enskripsi  aplikasi keamanan yang menggunakan chat tidak bisa dibuka oleh pihak lain,namun pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Ketidaknyaman ini,terjadi terutama pada sistem operasi iOS. Chat yang mestinya hilang setelah dihapus ternyata masih tertinggal, sehingga dikhawatirkan celah tersebut dapat dimanfaatkan pihak lain untuk masuk ke perangkat selular iOS.

Peneliti dari iOS Jonathan Zdziarski, menyatakan terkejut setelah mengecek gambar disk Whatsapp versi terbaru,masih tersimpan jejak chatting yang telah dihapus. Menurutnya dengan masih tersimpannya chat yang telah dihapus,maka bisa dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab untuk masuk ke telepon selular iOS yang didalamnya terdapat aplikasi Whatsapp. Temuan Zdziarski ini pada intinnya,menyataklan bahwa  data chat yang tersimpan di disk lokal  atau remote via Cloud storage rentan diretas pihak tertentu,terutama orang tak bertanggungjawab.

Seperti diketahui enskripsi end to end yang dimiliki Whatsapp melindungi data dalam transit yang fungsinya mencegah operator dan pihak lain  untuk memata-matai percakapan yang ada di dalam jaringan Whatsapp. Namun, rupanya aplikasi Whatsapp yan g menyimpan percakapan melalui telepon selular (HP),terutama yang menggunakan iCloud Backup, bisa diretas pihak tertentu meski chat log-nya telah terhapus. Dan ini merupakan salah satu lubang keamanan yang harus diantisipasi kembali oleh Whatsapp. (Andro DP/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response