Mengakhiri Bebas Visa Bagi Warga AS

 

Matamatanews.com, BRUSSELS – Setelah AS tidak menyetujui permohonan bebas visa yang diajukan lima negara anggota Uni Eropa yakni, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Polandia dan Romania, kini parlemen Eropa akirnya memutuskan untuk mengakhiri kebijakan bebas visa bagi warga AS.

Keputusan parlemen Eropa ini berdampak pada warga AS yang akan berpergian ke wilayah Eropa harus mendapatkan visa terlebih dahulu. Selain itu, parlemen Eropa juga mendesak agar pencabutan bebas visa itu segera dilakukan dalam dua bulan mendatang. Lomisi Eropa juga menemukan bahwa, tiga tahun silam pemerintah AS tidak memenuhi kewajiban dibawah kesepakatan timbal balik tetapi belum mengambil langkah resmi.

Pemungutan suara atas keputusan di parlemen Eropa ini, disiapkan komite kemerdekaan sipil dan disetujui dalam rapat pleno parlemen. Selain AS, Australia, Brunei, Jepang, dan Kanada juga belum memenuhi kewajiban timbal baliknya. Namun, dalam waktu dekat keempat negara itu akan memberlakukan kebijakan bebas visa untuk warga Uni Eropa.

Keputusan mengakhiri kebijakan bebas visa, sesuai dengan peraturan Uni Eropa, akan diambil dua tahun setelah peringatan pertama kepada negara yang tidak memberikan akses bebas visa bagi warga Uni Eropa. Peringatan pertama kepada AS sudah dilayangkan pada 2014, sehingga parlemen Eropa menganggap langkahnya ini sudah seusai dengan aturan yang berlaku. [Did/Kmp/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response