Mengapa Trump Yang Menang Jika Hillary Mendapat Suara Lebih Banyak?

 

Matamatanews.com, AMERIKA – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengalahkan rivalnya Hillary Clinton. Banyak orang yang tidak memperhatikan bahwa sebenarnya Hillary memperoleh suara lebih banyak dibandingkan Trump.

Hillary meraih 59.814.018 suara, sedangkan Trump hanya meraih 59.611.678 suara. Dari angka tersebut jelas Hillary mendapatkan suara jauh lebih banyak 200.000 dari suara yang didapatkan Trump. Lalu mengapa justru Trump yang terpilih menjadi presiden AS?

Hal ini terjadi karena sistem pemilihan presiden di AS menggunakan “Electrocal Vote”, dimana kedua capres bersaing untuk mendapatkan “Electrocal Vote” terbanyak bukan mendapatkan vote atau suara terbanyak. “Electrocal Vote” ialah suara yang dimiliki oleh “Electrocal College”, yakni badan perwakilan yang terdiri atas para “Elector”.

Jumlah “Elector” ditiap negara bagian berbeda-beda, tergantung dari populasi penduduk yang tinggal di negara bagian tersebut. Di seluruh negara bagian yang ada di AS terdapat 538 “Elector”, para “Elector” inilah yang memberikan suaranya kepada para capres. Jadi, para pemilih yang berangkat ke tempat pemungutan suara tidak langsung memilih capres yang ada. Mereka memilih para "Elector" tadi.

Para “Elector” yang dipilih oleh Partai Republik di tiap negara bagian, akan memberikan suaranya bagi Trump di ibu kota negara bagian pada 19 Desember mendatang. "The winner takes all", yang artinya, pemenang di sebuah negara bagian, berhak atas seluruh "Elector" di negara bagian tersebut, meski hanya unggul satu suara saja.

Jadi, sejatinya masyarakat Amerika Serikat memilih para “Elector” yang akan memilih presiden. Untuk menjadi presiden, para kandidat tersebut membutuhkan 270 dukungan “Elector”. Berdasarkan penghitungan akhir yang dikutip dari sumber Associated Press, Donald Trump berhasil mengumpulkan 279 "Electoral Vote" atau suara "Elector" sedangkan Clinton hanya didukung oleh 228 "Electoral Vote". [Did/Associated Press/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response