Mengenal Lebih Dekat Tentang Buah Plum

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Tidak semua orang tau mengenai khasiat buah plum, sebab tidak semua orang dapat menjumpai dan menemukan buah ini. Buah ini sendiri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Plum tersedia dengan beragam warna dan varian, secara umun plum dibagi menjadi tiga kelompok yakni Eropa-Asia (Prunus domestica), Jepang (Prunus salicina) dan Damson (Prunus insititia). Cina merupakan negara penghasil utama plum, kemudian diikuti Amerika, Serbia dan Rumania.

Buah plum diketahui banyak mengandung Vitamin dan mineral, yakni vitamin A, C , folat, vitamin K, B1, B2, B3, B6 dan vitamin E. untuk mineralnya yakni kalium, flour, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng.

Selain itu, buah plum mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti sebagai antioksidan, memperlancar percernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, menjaga kekebalan tubuh, melancarkan fungsi sistem saraf, mencegah kanker, menjaga tekanan darah dan membantu mengatasi diabetes.

Kemudian berdasarkan hasil penelitian, kandungan flavonoid dan senyawa fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, quercetin, dan catechin dapat digunakan sebagai anti obesitas. Bila di konsumsi ssecara rutin, plum dapat membantu mengurangi  kecemasan.

Selain banyak manfaatnya, plum juga mempunya efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan seperti penyakit ginjal, empedu dan komplikasi kandung kemih. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response