Menguak Kecanggihan Pesawat Kepresidenan AS, Air Force One

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Mungkin hanya pesawat kepresiden Amerika Serikat saja yang memiliki kecanggihan tiada tanding dan paling mahal harganya dibanding pesawat penumpang lainnya di seluruh dunia. Air Force One adalah pesawat penumpang paling canggih yang dirancang khusus untuk membawa presiden Amerika Serikat  dan para staffnya ke seluruh penjuru dunia.

Pesawat ini bukan saja mampu membawa penumpang dengan penerbangan jarak jauh, tetapi juga dilengkapi berbagai fasilitas yang tidak akan pernah ada dipesawat lain. Air Force One dikenal sebagai Gedung Putih Terbang yang artinya dari kabin pesawat ini, presiden Amerika Serikat  bisa menjalankan tugasnya, termasuk memimpin perang nuklir. Kelebihan apa saja yang dimilik Air Force One hingga di juluki Gedung Putih Terbang? Inilah beberapa kelebihannya :

1.Biaya Pembuatannya Lebih dari US$660 Miliar

Pesawat yang dibangun dari jumbo jet Boeing ini  memerlukan biaya yang luar biasa besarnya, yaitu setara dengan Rp 8,7 triliun, itupun hanya untuk produksi awalnya saja.

2.Bisa Digunakan Sebagai Pusat Komando

Jika kejadian seperti 9/11 terjadi lagi, dan andaikata keadaan di gedung putih sudha tidak lagi kondusif, Air Force One bisa digunakan presiden sebagai pusat komando berjalan.

3.Bisa Membawa Hampir 100 orang

Hanya 26 kru pesawat dan 70 penumpang yang bisa menaiki Air Force One agar semua mendapatkan tempat duduk, jika di total, 96 orang bisa di tampung oleh pesawat ini.

4.Bertahan dari Ledakan Nuklir

Badan pesawat dirancang untuk menahan ledakan nuklir dari darat, sehingga menjadikan Air Force One tempat perlindungan yang melayang, dari ledakan bom nuklir.

5 Didampingi Pesawat Kiamat

Air Force One seringkali didampingi oleh pesawat E-4B yang dikenal sebagai  “Doomsday Plane,” atau pesawat kiamat. Hal ini bertujuan jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir, atau hal yang berpotensi membahayakan lainnya, maka presiden bisa pindah ke pesawat ini.

Pesawat yang didasarkan pada Boeing 747 ini bisa terbang berhari-hari di angkasa, dan mempunyai kecepatan yang didesain untuk terbang lebih cepat dari radius ledakan nuklir.

Advertisement

6.Lalu Lintas Udara tidak Berlaku Bagi Air Force One

Pilot dari Air Force One tidak perlu khawatir jika lalu lintas di udara sedang padat, karena Air Force One selalu mendapat prioritas.

Bahkan, lalu lintas di udara akan di tunda terlebih dahulu jika air force one sedang ingin terbang atau mendarat.

Tetapi, biasanya Air Force One terbang dari bandara militer, sehingga tidak menganggu lalu lintas udara pesawat komersil.

Ada hal unik tentang fakta ini, pada tahun 1993, seperti dilansir dari NYTimes, lalu lintas dari salah satu bandara tersibuk di dunia, LAX, di Los Angeles, sempat tertahan selama beberapa waktu.

Hal ini terjadi karena Presiden AS ke 42, Bill Clinton, memotong rambutnya di dalam Air Force One ketika Air Force One sedang berada di landasan terbang, sehingga membuat pesawat lain tidak bisa mendarat, maupun terbang sebelum rambut Bill Clinton selesai di cukur. Hal ini memunculkan  banyak kritikan.

7.Terdiri dari Tiga Lantai

Presiden dan segala stafnya tentunya memerlukan ruang yang luas agar tetap leluasa dalam beraktivitas di dalam pesawat.

Oleh karena itu, Air Force One memiliki luas sekitar 371 m persegi, dan juga memiliki tiga lantai di dalamnya.

8.Biaya Operasionalnya Memakan 56000 Dolar AS/Jam

Biaya untuk gaji para kru pesawat Air Force One, jika dirupiahkan, biaya ini sekitar Rp 740 juta/jamnya.

9 Kecepatannya Hampir Mendekati Kecepatan Suara

Kecepatan Air Force One biasanya sekitar 933 km/jam, namun kecepatan maksimumnya bisa mencapai antara 1046 km/jam sampai 1126 km/jam. Sebagai perbandingan, satu kecepatan suara adalah sekitar 1234 km/jam.

10.Memiliki 85 Telepon

Biasanya, kita diperintahkan untuk tidak menggunakan telepon ketika di dalam pesawat, namun hal ini tidak berlaku pada Air Force One.

Air Force One memiliki 85 telepon di dalamnya, dan telepon-telepon tersebut memiliki saluran yang aman, sehingga sangat sulit untuk disadap.

Advertisement

11.Pernah digunakan Sebagai Pesawat Mata-Mata

Berdasarkan buku “Air Force One: A History of the Presidents and Their Planes,” pada masa perang dingin, tepatnya tahun 1959, pesawat ini pernah digunakan sebagai pesawat mata-mata.

Adalah Allan Dulles, direktur CIA pada masa itu yang mengubah pesawat ini menjadi pesawat mata-mata.

Konon, secara diam-diam pada bagian di sekitar roda pesawat dipasangi kamera yang bisa membaca plat nomor mobil dari ketinggian 8.000 meter di udara.

12.Terdapat Dua Dapur yang Bisa Memberikan Makan 100 Orang

Jika di pesawat biasa hanya terdapat dapur yang kecil, maka di Air Force One terdapat dua dapur yang cukup besar untuk menyiapkan makanan untuk memberi makan hingga 100 orang.

13 Tersedia Ruang Perawatan

Jika Presiden atau penumpang lainnya terluka atau sakit, di dalam Air Force One tersedia ruang medis dengan fasilitas lengkap, mulai dari Dokter, sampai ruang untuk operasinya.

14.Mampu Mengisi Bahan Bakar di Udara

Fitur ini merupakan salah satu fitur spesial yang dimiliki oleh Air Force One yang tidak dimiliki pesawat sipil manapun. Pesawat mampu melakukan pengisian  bahan bakar di udara pada ketinggian 10.000 meter. (cam/military/flightzona/JT/berbagai sumber))

 

sam

No comment

Leave a Response