Menlu AS Minta Kelompok Houthi Hentikan Serangan ke Saudi

 

Matamatanews.com, RIYADHSenin (24/6/2019) kemarin, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo meminta kepada kelompok pemberontak Houthi untuk menghentikan serangan ke Arab Saudi setelah sebelumnya bandara negara tersebut diserang pesawat tak berawak.Seperti diketahui Amerika Serikat menuduh Iran mendanai dan mendukung Houthi hingga membahayakan nyawa orang-orang Amerika yang ada di Arab Serangan di Bandara Internasional Abha pada Ahad (23/6/2019) lalu seperti dilansir Al Mujtamaa dari Anadolu Agency mengakibatkan satu orang meninggal, 20 lainnya luka-luka, dan itu merupakan serangan kedua dalam dua minggu terakhir di bandara Saudi.

"Serangan-serangan yang didukung Iran ini tidak dapat diterima, dan semakin tercela mengingat bahwa mereka menargetkan warga sipil yang tidak bersalah. Mereka juga menempatkan orang Amerika yang hidup, bekerja, dan transit di Arab Saudi dalam bahaya," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyerukan Houthi yang didukung Iran untuk mengakhiri serangan yang ceroboh dan provokatif ini atas nama rezim Iran," katanya. Sejak Yaman dihantam konflik tahun 2014 lalu dan Houthi menyerbu negara tersebut termasuk ibukota Sanaa membuat Yaman terpuruk dalam kemiskinan.

Ketika konflik meningkat pada tahun 2015, Arab Saudi dan sekutunya Arab Sunni melancarkan kampanye militer yang bertujuan memerangi Houthi dan mendukung pemerintah Yaman yang sah dari rongrongan kelompok luar, kelompok Houthi semakin gencar melakukan aksi penyerangan.Kini diperkirakan ada sekitar 8,4 juta orang dari 22 juta penduduk Yaman yang mengalami kelaparan hebat, dan 75 persen dari populasi Yaman dipastikan  sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Riyadh telah berulang kali menuduh Houthi bertindak sebagai perpanjangan tangan Iran, saingan berat Saudi di wilayah tersebut.Pompeo yang kini berada Saudi mendesak agar Houthi mematuhi proses perdamaian yang dipimpin PBB “untuk mengakhiri konflik dan mematuhi komitmen yang mereka buat di Swedia.”

Pompeo yang kini tengah berada di Arab Saudi dalam perjalanan untuk membahas ketegangan dengan Teheran,mengatakan “Amerika Serikat akan terus berdiri dengan semua sekutu dan mitra kami di kawasan tersebut.”

“Kami akan terus mengejar perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah,” kata Pompeo.”Dan kami akan melanjutkan kampanye tekanan kami sampai Iran menghentikan semburan kekerasan dan bertemu diplomasi dengan diplomasi.” (cam)

sam

No comment

Leave a Response