Mesir Tangkap 6 Orang Pemicu Kecelakaan Kereta Api

 

Matamatanews.com,KAIRO—Enam orang yang diduga sebagai pemicu terjadinya kecelakaan kereta api di Mesir pada Rabu (27/2/2019) lalu yang menewaskan sedikitnya 25 orang kini ditangkap dan dijadikan tersangka. Jaksa Penuntut Umum (JPU) di negara itu memerintahkan pada Kamis malam lalu agar ke enam orang tersebut untuk ditangkap, dua kondektur kereta api, asisten dan dua pekerja lainnya. Mereka ditahan selama empat hari sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Jaksa Agung Nabil Sadek  sebelumnya mengatakan penyelidikan menentukan bahwa kecelakaan itu dipicu oleh perkelahian antara dua konduktor.Dia mengatakan satu kondoktur gagal mengerem sebelum meninggalkanan lokomotif dan melepaskan mesin hingga tak berawak melaju sampai kemudian menabrak penghalang beton di stasiun Ramses di pusat kota Kairo.

Disebutkan seorang saksi mata di lokasi bahwa semat terjadi ledakan ketika rangkaian kereta itu menabrak pembatas.Ledakan itu kemudian memicu kebakaran dahsyat hingga menghanguskan gerbong kereta.Selain itu sakti juga menyebut dirinya melihat langsung sejumlah jasad yang hangus terbakar.

Seusai kecelakaan dahsyat tersebut Menteri Transportasi Mesir Hisham Arafat mengundurkan diri, dan Perdana Menteri Mesir seperti di lansir Reuters pada Rabu (27/2/2019) lalu telah menerima permintaan pengunduran diri Hisham.Sebenarnya masyarakat Mesir sudah lama mengeluhkan buruknya transportasi  yang kronis di negara tersebut kepada pemerintah, namun tidak pernah ditanggapi serius.

Masyarakat menyebut pemeliharaan jalanan setem;at dan jalur kereta api sangat buruk, bahkan badan statistik nasional Mesir mencatat setidaknya telah terjadi 1.793 kecelakaan kereta sepanjang tahun 2017 lalu, dan kecelakaan kali ini menambah daftar panjang betapa  buruknya transportasi di negara tersebut. (cam)

 

sam

No comment

Leave a Response