Obat Palsu Dapat Di Kenali Menggunakan Kertas Ini

 

Matamatanews.com,INDIANA---Sekelompok tim peneliti mengembangkan tes sederhana menggunakan  kertas yang dapat mengenali obat palsu obat-obatan yang mempunya kualitas buruk. Obat palsu dan obat yang mempunya kualitas dibawah standar merupakan masalah yang sangat serius di negara-negara yang sedang berkembang. Obat tersebut juga berpotensi merugikan pasien yang memerlukan penanganan medis.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganggap penting sebagian obat-obatan ini  untuk mengobati penyakit infeksi di negara-negara yang sedang berkembang, misalnya antibiotik Ciprofloxacin dan Ceftriaxone. Tidak memerlukan alat-alat yang mahal untuk melakukan pengujian pada obat-obatan ini, cukup melakukan pengujian yang sederhana menggunakan kertas.

Sekelompok ilmuan mengembangkan kertu kertas seharga $1 untuk pengujian obat yang diragukan keasliannya. Dalam waktu tiga menit kita dapat mengetahui apakah obat tersebut berkhasiat atau kualitasnya dibawah standar.

Untuk menguji keaslian suatu obat, para peneliti menggerus sebuah pil, menempelkan serbuk pil tersebut pada 12 garis kertas kartu ini. kemudian kartu dicelupkan kedalam air selama beberapa menit. Bahan kimia pada kartu akan bereaksi dengan obat, berubah menjadi warna tertentu sesuai dengan indikator pada obat-obat tersebut.

Ahli kimia dari University of Notre Dame di Indiana, Marya Lieberman, mengatakan kartu ini bisa digunakan untuk menguji berbagai jenis obat-obatan. Meskipun kartu-kartu ini digunakan hanya untuk menguji obat-obatan yang mempunyai kualitas dibawah standar di negara-negara berkembang, Lieberman mengatakan “Mungkin akhirnya kertas ini akan digunakan untuk menguji integritas obat-obat herbal dan suplemen nutrisi di negara barat”. (atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response